Waduh! Warga Keluhkan Praktik Percaloan di Mal Pelayanan Publik Brebes

Waduh! Warga Keluhkan Praktik Percaloan di Mal Pelayanan Publik Brebes

Petugas menunggu pemohon di masing-masing loket pelayanan di MPP Brebes. -Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG- Warga pemohon mengeluhkan praktik percaloan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Brebes.

Keluhan itu disampaikan para pemohon yang ditawari jasa pengurusan berkas berbagai permohonan di MPP Brebes.

Sosok calo bahkan dengan leluasa mangkal di area parkiran MPP Brebes dan langsung menawarkan jasa pengurusan permohonan. 

Salah satu pemohon yang enggan disebut namanya mengaku, dirinya datang ke MPP Brebes untuk pembuatan Kartu AK1 sebagai kartu tanda pencari kerja atau kartu kuning.

BACA JUGA:Pemohon SKTM, Keluhkan Buruknya Pelayanan di MPP Brebes

Ia mengaku ditawari jasa pengurusan kartu tersebut dengan imbalan uang jasa. Calo bahkan menjanjikan kepengurusan dokumen tersebut bisa lebih cepat bila melalui jasanya. 

"Awalnya ditanya mau ngurus apa terus ditawari sama orang yang ada di depan gedung MPP. Katanya bisa ngurus cepat tapi bayar. Tapi katanya kalau ngurus sendiri gratis terus antre lama," katanya di Radar Brebes, Rabu (14/6).

BACA JUGA:Ganjar Targetkan 100 Persen MPP di Jateng

Dia menyebutkan, keberadaan calo itu sangat mengganggu para pemohon di MPP lantaran selalu menawari jasa untuk mengurus berkas permohonan dengan imbalan uang jasa.

Menurutnya, MPP yang merupakan pusat pelayanan yang terpadu harus bersih dari praktik-praktik percaloan. Apalagi saat ini pemerintah tengah mengedepankan pelayanan masyarakat yang gratis dan cepat.

"Kalau bisa jangan sampai praktik-praktik percaloan ini tidak ada karena memang sangat mengganggu dengan tawaran-tawarannya," jelas dia. 

Menyikapi adanya praktik percaloan di MPP Brebes, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Brebes Tety Yuliana mengungkapkan, selaku koordinator pelayanan di MPP Brebes, ia selalu mengingatkan para penjaga loket pelayanan agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Dirinya juga mengaku selalu melakukan monitoring di ruang pelayanan. 

"Kami tentu selalu monitor di loket-loket pelayanan di MPP. Kami di grup MPP juga selalu mengingatkan agar pelayanan kepada masyarakat harus baik," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: