Pemohon SKTM, Keluhkan Buruknya Pelayanan di MPP Brebes

Pemohon SKTM, Keluhkan Buruknya Pelayanan di MPP Brebes

Pemohon SKTM mengantre di loket pelayanan Dinsos di MPP Brebes. -Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Sejumlah warga mengeluhkan buruknya pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Brebes. Mereka mengeluhkan petugas pelayanan di loket Dinas Sosial (Dinsos) Brebes yang tak kunjung datang saat jam pelayanan mulai dibuka. Sejumlah pemohon Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) menunggu petugas yang tak kunjung datang di halaman MPP, Jumat (28/4). 

Salah seorang pemohon SKTM, Tarno, 31, warga Desa Bulakelor, Kecamatan Ketanggungan mengaku sudah dua kali datang ke MPP Brebes untuk mengurus SKTM. Hari pertama, pada Kamis kemarin dirinya hendak mengurus SKTM dan sampai di MPP sekitar pukul 15.00 WIB, namun kondisi MPP saat itu sudah sepi. Salah satu petugas meminta dirinya untuk kembali pada esok harinya pukul 07.30, namun masih sepi petugas.

"Kemarin datang ke sini jam 3 sore, terus ada petugas yang bilang datang lagi besok pagi jam setengah 8. Soalnya saat itu MPP sudah sepi. Tadi pagi datang jam setengah 8 tapi masih sepi. Petugas baru datang tadi jam 9 an," kata Tarno. 

Dia menjelaskan, dirinya mengurus SKTM untuk keperluan pengobatan anaknya yang dirawat di RSUD Brebes karena menderita penyakit diare. Ia mengaku belum memiliki BPJS, sehingga diarahkan oleh petugas rumah sakit untuk menggunakan SKTM. Namun saat mengurus SKTM, ia menilai pelayanan di MPP, khususnya di loket Dinsos kurang maksimal. 

Keluhan serupa disampaikan Darti, 39, warga Desa Dukuhbadag, Kecamatan Ketanggungan. Ia mengaku jauh-jauh datang ke MPP Brebes untuk mengurus SKTM, namun saat sampai di MPP petugas tak kunjung datang hingga pukul 09.00 WIB. Ia mengurus SKTM untuk keperluan pengobatan isterinya yang dirawat di RSUD Brebes.

"Datang pagi-pagi tadi ke sini. Tapi katanya petugasnya belum ada, jadi menunggu lama di halaman MPP," ungkap dia. 

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dinsos Brebes, Bambang Setiyawan saat dikonfirmasi mengakui ada sedikit keterlambatan petugas pelayanan datang ke MPP Brebes. Keterlambatan ini lantaran ada acara pelepasan ASN yang purna tugas di kantornya.

"Ngapunten ada keterlambatan kehadiran petugas kami karena ada acara pelepasan ASN yang purna tugas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes