Tegal? Ada Apa Aja sih Disana, Pecinta Kuliner Perlu Tahu!

Tegal? Ada Apa Aja sih Disana, Pecinta Kuliner Perlu Tahu!

Makanan Tegal Tiada Tanding--Kuliner khas

DISWAYJATENG - Tegal, sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia, memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera. Di Tegal menawarkan beragam hidangan lezat yang telah menjadi ikon kuliner di kawasan tersebut. Salah satu makanan yang paling terkenal adalah Sate Kambing Tegal, sebuah daging kambing yang dimasak secara khas dengan daging kambing muda. Rasa gurih dan aroma rempah yang kuat membuat sate ini menjadi hidangan yang sangat disukai oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Selain itu, Tegal juga terkenal dengan Tahu aci, sejenis makanan ringan yang terdiri dari tahu yang renyah dan aci yang gurih ditambah dengan cabai pedas.

Tahu aci Tegal memiliki cita rasa yang unik dan seringkali disajikan dengan saus kacang yang lezat. Selain sate kambing muda dan tahu aci, Tegal juga memiliki hidangan lain seperti nasi tiwul, soto Tegal, dan banyak lagi. Jika Anda mengunjungi Tegal, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner khasnya yang akan memanjakan lidah Anda. Berikut adalah beberapa kuliner asli Tegal yang terkenal:

 

1. Glotak

Glotak dibuat dengan gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan bumbu. Gembus lalu dimasak dengan kaldu dan cabai. Enak disantap dengan kerupuk pedas.

Memiliki nama yang unik, Tegal juga memiliki makanan khas bernamakupatglabed. Dapat ditemui di beberapa sudut kota Tegal,kupat glabed disebut memiliki kuah yang kental dengan sensasi rasa yang mirip seperti bumbu rendang.

2. Kupat Glabed

Seporsi kupat galbed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal merah dan kerupuk mie kuning. Sebagai pelengkap, kupat glabed juga sering dinikmati bersama dengan aneka sate yakni sate ayam, sate kerang atau sate kikil.

BACA jUGA: 

Ini Dia 4 Kuliner Khas Jawa Berbahan Kikil yang Bisa Kalian Rasakan

3. Sate Kambing Tegal

Makanan khas Tegal yang lainnya adalah sate Tegal. Sate ini dibuat dengan daging kambingbalibul ataubatibul.Batibul ataubalibul adalah sebutan untuk sate kambing muda yang menggunakan daging kambing usia di bawah tiga bulan dan lima bulan. Sate Tegal selalu menggunakan daging kambing muda sehingga teksturnya lembut dan enak. Sate kambing juga biasanya disajikan di atas piring hotplate sehingga aromanya semakin sedap.

4. Soto Taucho

Makanan khas Tegal Slawi selain sate kambing ada juga hidangan berkuah yang sedap. Soto ini berbeda dengan jenis soto di daerah lain. Sototaucho ini dibuat dengan bumbu tauco. Tauco merupakan makanan fermentasi yang dibuat dengan biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasi.

Soto taucho juga dilengkapi dengan lontong, tauge dan potongan daging ayam. Wah hangat dan sedap!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kuliner tegal