Ini Dia 5 Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 5 Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ini Dia 5 Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan Tubuh Kita-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Sirih merah adalah tanaman yang cukup mudah kita temukan pada berbagai daerah  Indonesia tidak asing dengan sirih merah. Tanaman ini selain bisa menghiasi rumah, ternyata  juga sebagai tanaman obat yang menyimpan banyak manfaat.

 

Tanaman ini juga dapat membantu mengatasi sejumlah masalah kesehatan pada tubuh kita. Tanaman ini merupakan tanaman asli Negara Peru kemudian menyebar ke beberapa wilayah Dunia termasuk Indonesia.

 

Sirih merah juga merupakan tanaman semak, batang bersulur dan beruas, dengan jarak antara 5-10 cm setiap buku tumbuh bakal akar. Kali ini kita akan membahas 5 manfaat sirih merah untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

1.Biopestisida

Menggunakan pestisida biasanya sering kita gunakan untuk membunuh berbagai serangga merugikan pada lingkungan sekitar. Akan tetapi penggunaan pestisida kerap menimbulkan efek samping bagi lingkungan maupun kesehatan.

Karena kandungan flavonoid, alkaloid, tanin, dan minyak atsiri dalam sirih merah membuat tanaman ini memiliki kemampuan sebagai biopestisida.

Sebuah studi dalam jurnal Bioeduscience tahun 2020 mencoba memahami manfaat sirih merah untuk memberantas larva lalat rumah. Dan ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa biopestisida dari sirih merah cukup efektif untuk membunuh larva lalat rumah.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk membunuhnya minimal 24 jam dan lebih lanjut kita gunakan harus memiliki minimal 2 persen.

 

2.Membantu pengobatan periodontitis

Periodontitis adalah kondisi yang terjadi karena akumulasi plak dan kalkulus dan salah satu manfaat sirih merah mampu mengatasi periodontitis.

Penelitian dalam Journal of Dentomaxillofacial Science tahun 2017 menggunakan gel daun sirih merah. Ini  sebagai terapi tambahan penskalaan dan perencanaan akar terhadap perbaikan tingkat lampiran klinis  pada pengobatan periodontitis kronis.

Hasilnya penelitiannya adalah aplikasi topikal gel daun sirih merah pada pasien periodontitis kronis menunjukkan perkembangan yang lebih baik.

 

3.Antibakteri

Tanaman ini mengandung beberapa senyawa bermanfaat seperti minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, dan tanin. Semua kandungan senyawa ini membuat sirih merah mempunyai sifat antibakteri.

Maka dengan menggunakan sirih kita bisa membunuh bakteri yang ada dalam tubuh kita, serta sangat cocok untuk obat gatal.

  

4.Antiinflamasi

Paparan radikal bebas yang berkepanjangan dalam sel hati dapat menyebabkan stres oksidati. Dengan tanpa pengobatan yang tepat. Ini juga dapat menyebabkan cedera hati dan penyakit hati yang fatal seperti sirosis.

Pada tanaman ini manfaat sirih merah bisa kita gunakan dan sirih merah kita kenal memiliki aktivitas antioksidan dan antiinflamasi.

Penelitian dalam Saudi Pharmaceutical Journal tahun 2020 menunjukkan bahwa pemberian ekstrak sirih merah konsentrasi rendah. Serta menunjukkan aktivitas anti inflamasi kuat untuk sel hati yang mengalami kerusakan.

 

BACA JUGA: Berbagai tanda kalian Harus Segera Periksa Kesehatan Jika Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung

 

5.Menghilangkan bau mulut

Pada air rebusan daun sirih merah dapat bertindak sebagai obat kumur, yang mencegah bau mulut dan menghilangkan bau badan. Menurut studi yang termuat dalam Asian Journal of Pharmaceutical Research and Development tahun 2021.

Hasil kromatografi menunjukkan bahwa daun sirih merah mengandung senyawa flavonoid, polifenol, tanin, dan minyak atsiri.

Dengan menggunakan sirih sebagai obat kumur dapat membantu mencegah pembentukan plak gigi dan radang gusi, sarta obat batuk ekspektoran.

Cara penggunaannya sangat mudah cukup rebus daun sirih merah dengan air secukupnya. Kemudian kita gunakan air rebusannya untuk kumur-kumur setelah menyikat gigi.

Jika kita gunakan ini secara rutin bisa kita yakini mampu menghilangkan bau mulut yang tak sedap pada tubuh kita.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 5 manfaat dari sirih merah untuk kesehatan kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: