Berbagai tanda kalian Harus Segera Periksa Kesehatan Jika Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung

Berbagai tanda kalian Harus Segera Periksa Kesehatan Jika Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung

Berbagai tanda kalian Harus Segera Periksa Kesehatan Jika Mempunyai Riwayat Penyakit Jantung -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID –  Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan yang tidak biasanya terjadi sehingga mengakibatkan penyakit jantung. Beberapa jenis penyakit jantung seperti Penyakit jantung koroner, merupakan suatu penyakit jantung yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah di jantung.

Penyakit jantung bisa kapan saja menyerang baik usia tua maupun pada masa usia masih muda. Bahkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mencatat penyakit jantung semakin banyak menyerang kalangan muda.

Bukan tanpa alasan penyakit ini biasanya terjadi karena  gaya hidup tidak sehat menjadi dalang pada penyebabnya. Kita jangan menunggu  tua atau terkena serangan jantung untuk memeriksa kesehatan jantung secara rutin.

Kali ini kita akan membahas tanda-tanda kita harus segera periksa kesehatan jantung, antara lain:

 

1.Napas sering terengah-engah

Kalian jangan meremhkan ketika mengalami seperti ini dan kita  perlu berhati-hati jika sering mengalami sesak napas saat beraktivitas. Kondisi ini kita kenal dengan dispnea atau napas pendek yang merupakan salah satu tanda permasalahan pada jantung.

Seperti antara lain yaitu  penyakit jantung koroner atau kardiomiopati bisa terjadi lantaran jantung gagal memompa darah dengan optimal. Jika kita berolahraga rutin belum bisa memperbaiki laju pernapasan kalian.

Ini tandanya kalian harus segera memeriksakan kesehatan jantung terlebih jika  keadaan pusing yang intens. Sirkulasi darah yang buruk menyulitkan aliran darah menuju otak dan telinga dalam, sehingga kepala terasa pusing dan mungkin menyebabkan pingsan.

 

2.Nyeri dada intens

Selain tanda lain yang menunjukkan bahwa kalian harus segera periksakan kesehatan jantung ialah mengalami nyeri dada secara intens. Rasanya seperti sesak dan terbakar kerap muncul baik saat beraktivitas biasa atau saat berolahraga. 

Menurut Dokter Jantung sekaligus pendiri Upper East Side Cardiology, New York, Amerika Serikat Bpk Sadjid Bushri. Ketika saluran pada jantung tersumbat akan dapat memunculkan rasa nyeri pada sekitar dada, tangan, leher, dan punggung.

 BACA JUGA:10 Bahan Makanan Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Apa Saja?

3. Mengalami hipertensi

Ketika kita memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sebaiknya harus  waspada karena akan berisiko terserang penyakit jantung dan pembuluh darah. Hipertensi dapat menyebabkan penyempitan dinding pembuluh darah arteri.

Penyakit Ini bisa menyebabkan penyakit jantung koroner yang sewaktu-waktu bisa memicu serangan jantung. Hipertensi sendiri mempunyai tanda dengan tekanan darah lebih dari atau sama dengan 140/90 mmHg.

Tapi sangat kita sayangkan hipertensi tidak memiliki gejala atau keluhan spesifik.

 

4.Sering kelelahan bahkan ketika sudah cukup beristirahat

Permasalahan pada jantung juga bisa kita tandai dengan kondisi kelelahan pada tubuh kita. Ternyata penyebabnya oleh kegagalan otot atau katup jantung yang gejalanya mirip kelelahan. Tidak heran jika sebagian besar orang mengira itu hanyalah kelelahan biasa akibat padatnya aktivitas sehari-hari. Meski mirip akan tetapi ini bisa kita bedakan dengan kualitas tidur dan kesibukan yang kita lalui sepanjang hari.

Menurut British Heart Foundations jika kalian tetap merasa kelelahan bahkan setelah mendapat tidur yang cukup dan berkualitas maka harus waspada.

 

5.Tidur mendengkur

Kita menilai sekilas tampak normal saja  karena tidur mendengkur hampir teralami setiap orang baik muda atau yang sudah tua. Ternyata siapa kita sangka sebagaimana menurut Michigan Medicine tidurmendengkur menandakan gangguan tidur.

Hal ini menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sesaat, atau kita kenal juga dengan kondisi apnea tidur obstruktif. kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah  seperti hipertensi, stroke, dan serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: