Jarang Diketahui! Ini Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui! Ini Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan Tubuh

--

DISWAYJATENG.ID - Telur puyuh, atau juga biasa dikenal sebagai telur quail, telah menjadi bagian penting dari berbagai masakan di berbagai budaya di seluruh dunia. Namun, selain kelezatannya, Telur puyuh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat Telur puyuh yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Berikut 11 Manfaat Telur puyuh untuk kesehatan Tubuh Anda

 

1. Kaya akan Nutrisi

Meskipun ukurannya kecil, telur puyuh kaya akan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, selenium, riboflavin, dan asam folat. Sehingga dengan banyaknya nutrisi membuatnya menjadi sumber makanan yang sangat baik untuk memastikan kecukupan nutrisi harian anda.

2. Kandungan Protein yang Tinggi

Telur puyuh mengandung protein berkualitas tinggi yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan tulang. Protein juga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam manajemen berat badan anda.

BACA JUGA: manfaat bayam bagi kesehatan bisa mencegah anemia

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium dalam telur puyuh membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Demikian pula selenium berperan penting dalam produksi dan aktivasi sel-sel kekebalan tubuh, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

4. Kaya akan Antioksidan

Telur puyuh mengandung antioksidan seperti vitamin A dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Telur puyuh mengandung lemak sehat, termasuk omega-3 dan omega-6, yang membantu menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, omega-3 dan omega-6 memiliki efek positif pada kesehatan kardiovaskular, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi peradangan.

6. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin D dan kalsium dalam telur puyuh dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sehingga dengan adanya kandungan vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium yang efisien, yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Telur puyuh mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Sehingga dengan adanya kedua zat ini telah terbukti membantu mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab umum kebutaan pada orang tua.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

8. Baik untuk Kesehatan Otak

Telur puyuh mengandung kolin, nutrisi yang penting untuk fungsi otak yang optimal. Demikian pula kolin dapat membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan membran sel otak serta membantu meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat.

9. Menjaga Kadar Gula Darah Stabil

Protein dalam telur puyuh memiliki efek positif pada regulasi kadar gula darah. Sehingga dengan mengonsumsi telur puyuh secara rutin, anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

10. Meningkatkan Produksi Energi

Telur puyuh mengandung vitamin B12, yang berperan penting dalam produksi energi. Oleh karena itu kandungan vitamin B12 membantu tubuh anda mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh sel-sel tubuh.

11. mengobati Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: