Clean Up Lahan Pesarean Dituntaskan, Kementerian Kucurkan Anggaran Rp6 M

Clean Up Lahan Pesarean Dituntaskan, Kementerian Kucurkan Anggaran Rp6 M

Kabid Pengendalian dan Pengawasan DLH memamtau finishing clen up lahan Pesaran tahap akhir, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

"Memang ada rencana setelah proses dump site rampung secara keseluruhan, areal tersebut nantinya akan dijadikan  destinasi wisata budaya dan religi dengan leading sektor Dinas Porapar. Saatini DED tengah dibuat oleh OPD tersebut," ungkapnya.

 

Namun sebelum mengarah ke rencana tersebut, akan ada kegiatan yang dilakukan NJO yang merupakan LSM  Purecared untuk melakukan kajian  guna mengetahui sebaran lahan terkontaminasi di gang - gang perkampungan, halaman, dan pekarangan di Desa Pesarean.

 

Sebelum positif akan dijadikan destinasi wisata budaya dan religi, juga akan digelar kajian cagar budaya oleh Dinas Dikbud Kabupaten Tegal.  Hal ini mengingat di areal tersebut terdapat tanah Kraton Surakarta dan ada cagar budaya Makam Sunan Amangkurat I. Kajian ini untuk memastikan  kawasan tersebut masukcagar budaya inti atau bukan.

 

"Apabila tidak masuk dalam cagar budaya inti peluang untuk menjadikan kawasan tersebut menjadi destinasi wisata masih terbuka," terangnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id