Mari Mengenal lebih Jauh Apa itu Kesehatan Mental

Mari Mengenal lebih Jauh Apa itu Kesehatan Mental

Mari Mengenal lebih Jauh Apa itu Kesehatan Mental-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID –  Mari Mengenal lebih Jauh Apa itu Kesehatan Mental dan ayo sama-sama saling menjaga kesehatan mental setiap individu pada bumi ini.

 

BACA JUGA:Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Generasi milenial dan generasi Z saat ini sudah banyak loh yang memperhatikan tentang kesehatan mental yang terasa oleh setiap individu. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) sampai memberikan peringatan hari kesehatan jiwa sedunia yaitu yang jatuh pada tanggal 10 Oktober.

 

Dengan peringatan hari kesehatan jiwa yang WHO berikan maka bisa kita katakan bahwa kesehatan mental mempunyai keistimewaan oleh mata dunia. Penetapan tanggal peringatan kesehatan jiwa tersebut bertujuan untuk mengkampanyekan tentang apa itu kesehatan mental serta memberikan edukasi kepada masyarakat dunia.

 

Dengan kampanye harapannya masyarakat peduli dengan isu-isu yang beredar, baiknya kesehatan mental tidak hanya generasi milenial saja yang mengetahuinya. Tetapi generasi setelah dan bahkan generasi sebelumnya juga harusnya ikut juga mencari tahu tentang dan hal-hal kesehatan mental tersebut.

 

Pada zaman modern, mendapatkan informasi tentang kesehatan mental ada pada berbagai macam media seperti artikel online, media sosial dan lainnya. Dalam kesehatan mental banyak yang harus setiap orang ketahui karena semua kesehatan mental memiliki manfaat bagi sendiri atau orang banyak.

 

Adapun hal pertama yang harus kita sama-sama ketahui adalah pengertian dari kesehatan mental itu sendiri. Pengertian kesehatan mental ini perlu kita ketahui dahulu supaya lebih mudah memahami hal-hal lainnya yang ada pada kesehatan mental.

 

Apa Itu Kesehatan Mental?

Bagaimana mungkin jika kita bisa mengetahui apa itu kesehatan mental, tetapi kita belum tahu apa arti kesehatan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membahas tentang pengertian kesehatan mental maka yang akan kita bahas adalah arti sehat itu sendiri.

 

Menurut World Health Organization (WHO) memiliki arti keadaan sempurna, fisik, mental, ataupun sosial, bukan terbebas dari penyakit, kelemahan, atau cacat. Kesehatan yang setiap orang miliki khususnya kesehatan mental harus bisa menjaga dan merawatnya semaksimal mungkin agar tidak terjadi gangguan mental.

 

Jika Kesehatan mental sudah terganggu maka akan membuat kehidupan kita menjadi kurang nyaman, seperti gampang stres, mudah lelah, dan bosan. Seseorang bisa kita kategorikan sehat secara mental apabila terhindar dari gejala gangguan jiwa atau neurosis dan penyakit jiwa atau psikosis.

 

Gejala-gejala tersbut biasanya terjadi oleh karena keadaan atau peristiwa yang kurang baik yang telah dialami oleh setiap orang. Seperti kenangan buruk yang terjadi pada masa lalu, stres berat, bosan dengan keadaan, kehilangan orang yang kita cintai dan lain-lain. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: