Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID –  Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh manusia yang tidak banyak orang ketahui, dan seberapa rutin sih kalian meminumnya? 

 

BACA JUGA:Cara Membuat Bola-bola Susu Gurih Manis

Susu sapi memiliki kandungan yang terdiri dari protein, kalium, kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin B12, vitamin B2, niasin, fosfor, zat besi, karbohidrat, dan mineral. Yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho

 

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi,susu juga mengandung banyak nutrisi yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui apa saja sih manfaat susu bagi tubuh manusia, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu merupakan sumber kalsium, yaitu yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya anak-anak yang membutuhkannya saat tulang mereka tumbuh orang dewasa juga membutuhkannya.

 

Untuk menjaga tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis. Susu juga bagus untuk gigi yang kuat, dan membantu mencegah kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Agar kalsium bisa menyerap ke tubuh, vitamin D harus kita dapatkan.

 

2. Menjaga Berat Badan

Meminum susu rendah lemak atau susu skim dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tak minum. Susu adalah minuman pembuka sebelum makan makanan sehat lainnya.

 

 Minum segelas susu untuk pendamping makan malam, atau minum segelas susu sambil makan sepotong buah. Minum segelas susu untuk mengawali pagi dengan sepotong roti juga bagus dan enak.

 

3. Mengurangi Stres

Susu juga bisa membantu mengusir stres setelah lelah dengan aktivitas seharian dalam ataupun luar rumah. Dengan minum susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan dapat menenangkan saraf.

 

Susu juga bermanfaat dalam mengurangi gejala PMS (sindrom pra menstruasi) dan dapat meningkatkan energi.

 

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sebagai sumber protein, vitamin D dan vitamin B susu berperan penting dalam pertumbuhan jaringan sel otak. Nutrisi ini juga berperan penting dalam tumbuh kembang neurotransmitter dan enzim.

 

Neurotransmitter dan enzim berguna agar otak semakin cerdas, sehat. Dan pastinya mudah menangkap segala sesuatu yang dilihat, dirasa dan didengar oleh indera tubuh.

 

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Asam laktat yang ada pada susu dapat bertindak sebagai exfoliant  yaitu enzim yang membantu untuk kulit agar halus. Asam amino pada susu juga dapat membantu melembapkan kulit.

 

Susu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit dari racun lingkungan sekitar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: