Jarang Ada yang Tau! Mari Mengeksplorasi Situs Peninggalan Sejarah Kerajaan Majapahit yang Ada di Indonesia

Jarang Ada yang Tau! Mari Mengeksplorasi Situs Peninggalan Sejarah Kerajaan Majapahit yang Ada di Indonesia

--

Candi Jabung merupakan candi Hindu yang terletak di Malang. Bangunan ini memiliki arsitektur yang megah dan teryakini sebagai tempat pemujaan agama Hindu pada masa Majapahit. Sehingga bangunan ini memberikan gambaran tentang keberagaman agama di masa lalu pada zaman Majapahit.

10. Prasasti Sumpah Palapa

Ditemukan pada tahun 1351 Masehi oleh seorang ahli arkeologi bernama Dr. J. Kats. Prasasti ini berasal dari masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, yang merupakan salah satu raja terkenal dalam sejarah Majapahit. Oleh karena itu prasasti ini merupakan pernyataan sumpah dari Raja Hayam Wuruk yang tertulis sebagai penghormatan kepada pamannya, Patih Gajah Mada.

Prasasti Sumpah Palapa berisi tentang tekad dan janji Gajah Mada untuk menyatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Dalam prasasti ini, Gajah Mada menyatakan sumpah bahwa ia tidak akan makan "palapa" (buah betel) sebelum berhasil menaklukkan seluruh wilayah Nusantara dan menguasai sembilan wilayah yang terkenal dengan sebutan Nusantara.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah dan Fakta Unik di Balik Keindahan Borobudur yang Belum Diketahui Banyak Orang

Peninggalan-peninggalan sejarah dari masa Majapahit ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan dan kebudayaan masyarakat pada masa itu. Selain menjadi tujuan wisata, peninggalan-peninggalan ini juga merupakan warisan berharga yang perlu terlestarikan dan terjaga dengan baik sebagai bagian dari sejarah dan identitas bangsa Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: