WAKAJI Dinkes Brebes Raih Juara 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

WAKAJI Dinkes Brebes Raih Juara 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Kepala Dinkes Brebes menyampaikan sambutan sekaligus apresiasi WAKAJI meraih Juara 1 KIPP.--

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Program Wadah Kepedulian Jiwa (WAKAJI) milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes berhasil meraih gelar Juara 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Pemkab Brebes 2023.

Predikat juara, diraih dalam kategori kelompok inovasi lebih dari dua tahun ke atas dengan otentifikasi program. Yakni, memberikan layanan dan perawatan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa. WAKAJI, menjadi inovasi program pelayanan publik di Puskesmas Buaran Kecamatan Bantarkawung.

"Sinergi dan kolaborasi dengan semua stakeholder, sangat penting dalam mewujudkan penanganan maksimal bagi ODGJ," ungkap inovator WAKAJI Jamaludin didampingi Kepala Puskesmas Buaran Cipto Sudrajat, Jumat (26/5).

Penerapan program inovasi WAKAJI, lanjut dia, susah berjalan sejak April 2021 lalu dan terbukti efektif. Sebab, tercatat 76 ODGJ berhasil ditangani secara komprehensif dan profesional. Sehingga, keluarga pasien ODGJ merasa lebih nyaman karena faktor penyembuhan secara sosial mandiri. Caranya, pemberdayaan berupa ketrampilan keranjang WAKAJI DAN dan budidaya ternak ayam.

"Hasilnya, nilai ekonomis dan pemasukan bagi pasien ODGJ dan keluarga juga lebih bermanfaat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan Puskesmas Buaran. Bahkan, pihaknya berterima kasih kepada tim juri yang telah mengapresiasi inovasi Wakaji dengan baik.

"Harapannya, program WAKAJI bisa konsisten berjalan dan eksis dengan dukungan dari semua pihak. Baik Pemkab Brebes maupun masyarakat," ujarnya.

Juara KIPP Brebes 2023

Terpisah, penyelenggara KIPP sekaligus Kepala Bagian Organisasi Setda Brebes Julining Pirula Dewi menambahkan, KIPP digelar setiap tahun untuk mendorong OPD melakukan inovasi diberbagai bidang. Sesuai keputusan Dewan Juri, ditetapkan Top 10 Inovasi Pelayanan Publik /tingkat Kabupaten Brebes Tahun 2023.

Untuk kelompok Inovasi lebih dari 2 tahun ke atas peringkat 1 Wadah Kepedulian Jiwa (Wakaji) dari Puskesmas Buaran, Kec Bantarkawung. Peringkat 2 SIMAS BOS (Dindikpora Brebes), peringkat 3 Litbang Goes to School Transformasi Sekolah Menuju Centre of Exellent (Baperlitbangda Kab Brebes). Peringkat 4 Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan dan Kinerja BPKAD Kab Brebes (SIPIKIR BREBES) versi 03 (BPKAD Kab Brebes) dan peringkat 5 JALAPUSAKA (Jaringan Layanan Pelaku Usaha) dari Dinas Perikanan Kabupaten Brebes.

Sedangkan untuk kelompok inovasi rintisan/kurang dari 2 tahun, peringkat 1 diraih inovasi Pak Tani Mesem (Pelayanan Kepada Petani Mendaftar Secara Mandiri) dari DPKP Kabupaten Brebes.

Peringkat 2 Si Rentang (Sistem Informasi Rencana Tata Ruang) dari DPSDAPR Kabupaten Brebes.

Peringkat 3 NDORO KOJO (Desa Rodjo Kojo) dari DPKH Kabupaten Brebes.

Peringkat 4 One Stop Service dari Sekretariat DPRD Brebes dan peringkat 5 WALIM (Whatshapp Autoresponder Layanan Informasi Masyarakat) dari Dinsos Kabupaten Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes