Menyusuri Jajanan Legendaris di Jawa Tengah, Rekomendasi Makanan Khas yang Menggugah Selera

Menyusuri Jajanan Legendaris di Jawa Tengah, Rekomendasi Makanan Khas yang Menggugah Selera

--

DISWAYJATENG.ID - Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya, sejarah, dan kuliner. Salah satu daya tarik utama dari Jawa Tengah adalah jajanan legendarisnya yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari penduduk setempat. 

Berikut rekomendasi jajanan legendaris di Jawa Tengah

 

1. Gudeg Solo

Merupakan salah satu ikon kuliner Jawa Tengah yang berasal dari Solo. Makanan ini terdiri dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah khas, seperti serai, daun salam, dan kemiri.

Gudeg disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, sambal krecek, dan kerupuk. Rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi hidangan yang sangat lezat dan populer di kalangan wisatawan.

2. Soto Kudus

Merupakan varian soto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto ini menggunakan kuah bening dengan tambahan daging ayam, tauge, dan bawang goreng.

Sehingga yang membedakan Soto Kudus dengan soto dari daerah lain adalah penggunaan beras merah yang berguna sebagai pelengkap nasi di dalam mangkuk.

Oleh karena itu Rasanya yang segar dan kuah yang kaya rasa menjadikan Soto Kudus sebagai hidangan yang wajib tercicipi bagi pecinta kuliner.

3. Lekker Klappertaart

Makanan yang terkenal di Semarang, Jawa Tengah. Klappertaart merupakansejenis pai atau kue tart yang terbuat dari daging kelapa muda, susu, telur, dan gula.

Pastry yang renyah terpadukan dengan tekstur lembut dari daging kelapa muda menciptakan kombinasi yang lezat dan menggugah selera.

Lekker Klappertaart menjadi salah satu cemilan yang sangat populer di Jawa Tengah dan sering menjadi oleh-oleh.

4. Wedang ronde

Minuman tradisional yang biasa ada di kota Semarang.

Minuman ini terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang hijau yang tersajikan dengan kuah jahe manis.

Oleh karena itu cocok menyantap wedang ronde sebagai minuman hangat di malam hari atau saat musim hujan. Sehingga rasanya yang manis dan hangat sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dan menyegarkan selera.

BACAJUGA: https://diswayjateng.com/yuk-mengenal-kota-tegal-dari-makanan-khas-daerahnya-kupat-glabed-paling-populer/

5. Wingko Babat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: