Komputer No Signal? Gak Perlu Panik, Ini Caranya

Komputer No Signal? Gak Perlu Panik, Ini Caranya

layar komputer muncul no signal sangat merepotkan--

DISWAYJATENGKomputer no signal. Kondisi ini adalah ketika computer bisa menyala dengan normal. Hanya saja tidak tampil gambar apa-apa pad layar monitor.

Pesan no signal sebenarnya berasal dari monitor, yaitu monitor tidak mendeteksi perangkat yang terhubung.

Untuk penyebabnya sendiri bisa karena masalah system (BIOS) atau dari komponen yang bermasalah. Untuk itu kita harus bisa menganalisa apa penyebabnya agar dapat memperbaikinya supaya normal kembali.

Cara Memperbaiki Komputer No Signal

  1. Cek kabel monitor

Yang paking simple, pertama cek kabel yang anda pakai. Jangan sampai longgar pemasangannya. Terkadang kita tidak membaut kabelnya dengan benar ketika memasang.

  1. Mengganti kabel monitor

Ada tiga jenis kabel yang biasa kita gunakan,  kabel VGA, kabel DVI serta kabel HDMI. Cobalah untuk mengganti kabel konektor yang anda gunakan untuk menyambung computer ke monitor. Jika normal kembali itu berarti kabelnya memang rusak.

  1. Cek conventer

Ada yang memiliki monitor dengan port yang tidak sesuai spesifikasi VGS. Untuk mengaasi ini biasanya kita menggunakan conventer agar computer bisa anda pakai kembali.

Masalahnya, ada dua jenis conventer yang biasa kita gunakan yaitu conventer aktif dan pasif.

Yuntuk konventer pasif memiliki harga yang relative jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan konventer aktif.

  1. Cek VGA (kartu grafis)

Kalau masalah bukan pad kabel  dan port monitor, selanjutnya kita harus mengecek VGA yang anda pakai. VGA sendiri memang salah satu komponen yang mudah rusak, salaupun pada situasi tertentu.

Jika positif VGA yang rusak, anda bisa melakukan RMA atau servis sesuai vendor VGA yang anda gunakan.

  1. Periksa motherboard

Lalu bagaimana dengan VGA yang on board? Pertama, mau tidak mau harus anda servis atau RMA. Kalau mau solusi yang lebih mudah anda bisa melakukan penggantian motherboard yang baru.

  1. Periksa monitor

Ini hanya untuk sekedar mengetes saja, apakah port monitor masih normal atau tidak. Coba anda pakai monitor tersebut pada PC lain. Kalau tidak terdeteksi berarti port pada monitor sudh rusak

  1. Update BIOS

Ini hanya sebagai tambahan saja. Untuk beberapa prosesor dan motherboard masih ada yang belum support satu sama lain. Biasanya dari jenis chipset nya. Untuk itu , anda perlu melakukan update BIOS ke versi yang mendukung procesornya.(*)

 BACA JUGA:Apa Itu Tumor Rahim? Wanita Harus Tahu..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: