Apa Itu Tumor Rahim? Wanita Harus Tahu..

Apa Itu Tumor Rahim? Wanita Harus Tahu..

Tumor rahim sangat berbahaya bagi wanita--

DISWAYJATENGTumor Rahim, terdengar sangat menakutkan bagi siapa saja yang mengalaminya. Tidak ada salahnya juga kita tahu tentang penyakit ini..

Tumor Rahim atau miom atau uterine fibroid adalah pertumbuhan sel abnormal pada Rahim. Sel ini pada awalnya kecil kemudian membesar perlahan-lahan.

Penyakit pada Rahim ini tidak bersifat kanker, namun kondisi ini bisa sangat berbahaya pada wanita.

Tumor yang terus membesar bisa menekan Rahim serta organ sekitarnya. Selain itu, kondisi seperti pendarahan dan gangguan kehamilan juga bis muncul dan menyebabkan masalah lebih serius pada wanita.

Melansir dari media asing, Jenis tumor yang wanita alami tergantung pada lokasi tumbuhnya. Berikut beberapa jenisnya :

  1. Tumor Subserosal

Subserosal adalah tumor yang lokasinya berada pada dinding rahimbagian luar. Artinya lebih dekat dengan lapisan luar daripada lapisan dalam. Tumor ini biasanya cepat membesar jika anda biarkan.

  1. Tumor intramural

Jenis ini adalah yang paling umum terjadi pada wanita. Sel tumor biasanya tumbuh dalam dinding Rahim. Lokasinya berada pada tengah-tengah sehingga benjolan kerap tidak terlihat.

Meski tidak terlihat dari luar, namun bisa membesar dengan sendirinya dan meregangkan otot. Efeknya , rasa sakit akan sering wanita rasakan karena ada tekanan besar pada Rahim.

  1. Tumor pedunculated

Tumor ini mirip sekali dengan polip. Jadi, bagian ruang Rahim akan menggantung tumor yang ukurannya bisa membesar dengan sendirinya. Tumor ini bisa tumbuh dengan batang yang memiliki pembuluh darah.

  1. Tumor submucosal

Ini adalah kebalikan dari subserosal. Tumor yang membesar berada pada dekat lapisan kulit dalam. Jadi permukaan Rahim akan terlihat ada gundukan-gundukan.

Penyebab Tumor Rahim

Tumor bisa muncul karena ada pemicunya. Antara lain :

  1. Perubahan gen

Sel yang ada pada Rahim bisa mengalami perubahan pada gennya. Perubahan ini menyebbabkan beberapa sel yang awalnya normal menjadi abnormal. Efeknya, sel jadi mudah melipatgandakan jumlahnya dan membentuk tumor.

  1. Pengaruh hormone

Hormone seksual yang wanita miliki seperti estrogen dan progesterone dapat menstimulasi tumbuhnya tumor, dua hormone ini umumnya mempengaruhi lapisan dari Rahim khususnya akan hamil atau menstruasi.

Adanya abnormaliatas pada hormone menyebabkan sel tumor muncul. Sel ini biasanya mengandung cukup banyak reseptor estrogen dan progesterone.

  1. Riwayat keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: