Antisipasi Tahun Politik, Polres Tegal Bentuk Polisi RW

Antisipasi Tahun Politik, Polres Tegal Bentuk Polisi RW

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK sematkan pita Polisi RW, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Tindaklanjut program Kapolri dan gagasan Kepala Badan Pemeliharaan  Keamanan ( Kabaharkam) sekaligus penjabatan program Polmas diwujudkan jajaran Polres Tegal. Kali ini Kapolres Tegal AKBP Mochammad  Sajarod Zakun SH SIK memimpin langsung gelar apel Polisi Rukun Warga ( RW) dihalaman Mapolres stempat, Jumat  19 Mei 2023.

 

Menurutnya, Polisi RW terbentuk dari tingkat bawah yakni rukun warga dan nantinya kegiatan dilaksanakan oleh seluruh anggota Polres Tegal yang sudah ditunjuk.

 

"Jumlah  personel yang kita siapkan  untuk melaksanakan program Polisi RW sebanyak 544 personel. Jumlah tersebut tidak melibatkan Bhabinkamtibmas maupun yang bertugas di Dokkes, karena setiap harinya sudah mengaplikasikan kegiatan masing-masing," ujar Perwira asal Surabaya ini.

 

Dia menyatakan personil yang ditunjuk nantinya bertugas melaporkan setiap kegiatan yang terlaksana lewat aplikasi baru milik Polri bernama SOT Presisi. Sehingga semua dokumentasi kegiatan termonitor langsung oleh pimpinan.

 

"Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Polisi RW, seperti dialog interaktif dengan masyarakat, komunikatif, dan menerima aspirasi, saran, keluhan dari warga dan lain sebagainya," cetusnya.

 

Diharapkan lewat hadirnya program Polisi RW ini, Kapolres berharap bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri.

 

"Mengawali kegiatan, kami fokus melaksanakan sosialisasi khususnya pada anggota yang ditunjuk. Sehingga nantinya mereka tidak salah dalam menerapkan maupun mendefinisikan tugas Polisi RW ini, dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di wilayah masing-masing," ungkapnya.

 

Selain melaporkan kegiatan pada pimpinan lewat aplikasi SOT Presisi, nantinya pelaksanaan kegiatan juga akan disampaikan secara luas lewat media sosial.

 

Harapannya masyarakat dimanapun berada bisa memantau dan mengetahui berbagai kegiatan yang dilaksanakan Polisi RW khususnya di Polres Tegal.

 

"Saya berharap program Polisi RW ini bisa berjalan beriringan dengan kegiatan dari rekan-rekan Bhabinkamtibmas. Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dapat meningkat, dan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukum Polres Tegal bisa tercapai. Saya juga berharap kondusifitas jelang tahun politik dapat terwujud ," tegasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id