Marak Tawuran, Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Blusukan ke SMP

Marak Tawuran, Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Blusukan ke SMP

BLUSUKAN - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal blusukan ke SMP. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

SLAWI (DiswayJateng) - Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal blusukan ke sejumlah SMP di wilayah Slawi dan Dukuhwaru, Senin (20/3). Langkah itu dilakukan sebagai upaya tindak lanjut hasil pertemuan DPRD Kabupaten Tegal dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) serta seluruh kepala SMP se-Kabupaten Tegal.

 

Kegiatan dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A Jafar didampingi wakilnya Bintang Adi Prajamukti dan anggotanya Miftahudin. Dalam kegiatan itu, hadir pula pejabat Dikbud, Polres Tegal dan Kepala Satpol PP Supriyadi. Sekolah yang dikunjungi yakni SMP 2 Slawi, SMP 3 Slawi dan SMP 1 Dukuhwaru. 

 

“Siapa yang bawa motor?,” tanya Jafar saat di hadapan siswa SMP 3 Slawi. Siswa di sekolah tersebut tak ada satu pun yang tunjuk jari. Mereka mengaku diantarkan orangtua dan menggunakan sepeda. 

 

Dalam dialog dengan siswa, Jafar menyampaikan fasilitas kendaraan dinilai bisa memicu kenakalan remaja seperti tawuran. Siswa diharapkan tidak membawa motor sendiri. 

 

Selain itu, Jafar juga mengingatkan agar siswa tidak ikut-ikutan tawuran. Sudah cukup korban yang berjatuhan akibat aksi tersebut. 

 

“Pendidikan di sekolah hanya 7 jam, sedangkan sisanya berada di lingkungan keluarga. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mendidik anaknya,” ujar politisi PKB saat memberikan pengarahan kepada orang tua siswa di SMP 2 Slawi. 

 

Menurut dia, orangtua diminta untuk terus mendorong anaknya agar belajar dengan giat di sekolah. Orang tua juga bisa mendorong anaknya untuk menyibukan diri dalam ekstrakurikuler sekolah dan madrasah diniah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: