Auditor Intern Pemerintah Harus Menjadi Benteng untuk Mencegah Korupsi

Auditor Intern Pemerintah Harus Menjadi Benteng untuk Mencegah Korupsi

CEGAH KORUPSI - Auditor intern diharapkan menjadi benteng untuk mencegah korupsi.--

SEMARANG (DiswayJateng) - Auditor intern pemerintah mempunyai peran dan tugas sangat penting dalam upaya mewujudkan pemerintah yang bersih, akuntabel, dan transparan. Bahkan, posisi auditor harus menjadi palang atau pagar dalam pencegahan korupsi dan berbagai kecurangan di instansi atau lembaga pemerintah. 

 

 

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno saat membuka rakor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Jateng, di Kantor Inspektorat Jateng, Kamis (16/3/2023)

 

 

"Menjadi auditor tentu saja menjadi bagian palang untuk pengendalian. Sekarang kita tidak ingin kecurangan dan sebagainya terjadi, sehingga kita harus lebih dahulu mencegah. Untuk memposisikan sebagai auditor yang melakukan asesmen, maka melakukan upaya mencegah ini jauh lebih utama," ujar sekda.

 

 

Sekda mengatakan, tantangan yang dihadapi auditor sangat berat karena harus melakukan pencegahan bermacam kecurangan. Karenanya, auditor harus mempunyai nilai lebih dari orang atau pihak yang diawasi, terutama menyangkut capacity building dan kemampuan. 

 

 

"Kalau kapasitas auditor lebih rendah dari yang diasesmen, maka akan sangat sulit melakukan pencegahan. Kita akan lemah jika berdiskusi atau debat dengan yang diasesmen, sehingga capasity building dari aparatur pengawasan sangat penting dalam upaya-upaya pencegahan korupsi,"jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: