Warga Keluhkan Ruas Jalan Rusak Tengguli-Luwunggede Brebes

Warga Keluhkan Ruas Jalan Rusak Tengguli-Luwunggede Brebes

Warga Keluhkan Ruas Jalan Rusak Tengguli-Luwunggede--

BREBES, DISWAYJATENG.ID - Ruas jalan Tengguli-Luwunggede, Kecamatan Tanjung, Kabupaten BREBES kondisinya rusak parah. Bahkan, sejumlah kepala desa telah mengusulkan perbaikan ruas tersebut di Musrenbang tingkat kecamatan. Namun, hingga awal tahun ini, belum ada perbaikan di ruas jalan tersebut.

Kepala Desa Luwunggede Enggin mengatakan, ruas jalan Tengguli-Luwunggede merupakan akses utama warga. Tidak hanya dari Luwunggede saja, melainkan warga lain baik itu dari Desa Sarireja, Kubangputat ataupun kecamatan lain sering lewat di ruas tersebut. "Kondisi ruas Tengguli-Luwunggede memang cukup parah. Apalagi musim hujan seperti ini, banyak genangan air karena ruas jalan mulai berlubang," ujarnya.

 

Enggin yang juga sebagai Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Tanjung menuturkan, pihaknya sudah sering mengusulkan perbaikan ruas jalan tersebut. Salah satunya, saat musrembang di tingkat kecamatan. "Sudah sering diusulkan, tapi hingga saat ini belum juga diperbaiki," jelasnya.

 

Dia menuturkan, memang sejauh ini ada pemeliharaan atau perbaikan sementara dari pemerintah. Namun, walaupun sudah di perbaiki sementara, dengan intensitas hujan cukup tinggi, rusa jalan kembali rusak. Dirinya berharap pemerintah melalui instansi terkait dapat segera melakukan perbaikan. Apalagi, banyak warga yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut yang rusak. "Sudah banyak masyarakat menginginkan perbaikan ruas jalan ini. Dan saya mewakili teman-teman kades lain di ruas jalan ini seperti Tengguli, Sidakaton, Luwungbata, Luwunggede dan lainnya berharap ruas ini bisa segera diperbaiki," harapnya.

 

Terpisah, Kepala UPTD DPU Kecamatan Tanjung Rojikin mengatakan, tahun ini ruas Tengguli-Luwunggede sudah masuk daftar rencana perbaikan. Bahkan, pihaknya sudah melakukan survei di ruas tersebut. "Tahun ini insyaallah akan diperbaiki. Dengan anggaran kurang lebih Rp800 juta (lelang) akan dilakukan perbaikan di ruas tersebut tepatnya di perbatasan Desa Mundu dan Luwunggede," terangnya.

 

Selain dengan anggaran Rp800 lewat proses lelang, lanjutnya, ada juga peningkatan jalan di ruas jalan tersebut dengan Penunjukan Langsung (PL), yaitu di Desa Mundu. "Ada juga perbaikan dari Bidang Bina Marga lewat PL. Jadi, kami berharap masyarakat untuk bersabar. Yang jelas, tahun ini ada perbaikan di ruas jalan Tengguli-Luwunggede," ucapnya.

 

Lebih lanjut, dia menerangkan kalau rencana kegiatan perbaikan jalan ruas Tengguli-Luwunggede telah dikonfirmasikan kepada Agus Pramono, selaku Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian DPU Kabupaten Brebes. "Dan tadi, Pak Kabid mengiyakan. Dan mudah-mudahan 3 paket kegiatan tersebut tidak termasuk dalam kegiatan yang terkena kebijakan rasionalisasi anggaran tahun 2023," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: