Dispermades Kabupaten Tegal Terima LHP Desa Jejeg, Soal Dugaan Korupsi

Dispermades Kabupaten Tegal Terima LHP Desa Jejeg, Soal Dugaan Korupsi

Kepala Dinas Permades memberi penjelasan soal LHP Desa Jejeg, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI  (Disway Jateng) - Setelah sepekan  tahapan pemeriksaan terhadap Badan Permusyawaratan  Desa Jejeg, perangkat desa , dan kepala desa sempat dilakukan  pihak Inspektorat, kini Laporan Hasil Pemeriksaan telah dirampungkan dan di serahkan ke  Dinas Permades.

 

Kepala Inspektorat, Saidno menegaskan untuk proses selanjutnya terkait usulan pemberhentian sementara Kades Jejeg, selanjutnya ada di Dinas Permades. 

 

"Untuk Laporan Hasil Pemeriksaan ( LHP) sudah kelar sepekan yang lalu. Dan hasilnya sudah kami serahkan ke Dinas Permades, " ujarnya Rabu 1 Februari 2023.

 

Terpisah kepala Dinas Permades, Dessy Arifianto membenarkan hal tersebut.

 

" nspektorat telah melakukan pemeriksaan. Dan hasilnya telah memberikan teguran kepada Kades Jejeg, sebagai tahapan untuk proses  pemberhentian sementara," cetusnya.

 

Dessy menyatakan berdasarkan Perbup nomor 27 tahn 2018 tentang Kepala Desa di pasal 76 menyebutkan kepala desa diberhentikan  sementara oleh bupati  apabila tidak melaksanakan kewajibannya sebagai kepala desa, melanggar larangan sebagai kepala desa,  dinyatakan sebagai terdakwa yang diacam dengan ancaman penjara  paling singkat 5 tahun.

 

"Dari hasil pemeriksaan Inspektorat terkait kades yang bersangkutan  tidak melaksanakan kewajibannya sebagai kades, dan melanggar larangan sebagai kepala desa, terbit sebuah teguran kepada yang bersangkutan. Dan hal ini nantinya akan menjadi tahapan untuk proses menuju pemberhentian sementara," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id