Digitalisasi Bisnis

 Digitalisasi Bisnis

--

Pada kenyataannya sekarang sudah banyak beberapa layanan pada penjualan apapun yang sudah menggunakan sistem informasi yaitu dengan melakukan transaksi di HP lalu mencetak struknya langsung menggunakan printer bluetooth. Hal ini membuat waktu proses layanan transaksi menjadi lebih cepat dan dapat melakukan banyak penghematan. Contoh lain yaitu pada layanan Retoran Kereta Api (Reska) yang menjual makanan diatas kereta dengan model pembayaran berbasis QRIS dimana mereka berusaha meminimalkan pembayaran menggunakan uang cash.

 

Dampak dari UMKM yang belum melakukan transformasi ke digitalisasi bisnis adalah jangkauan yang tentunya kecil, jadi banyak masyarakat yang tidak tahu jika kita membuka usaha tersebut, dan pastinya pendapatan akan berkurang karena akan kalah dengan UMKM yang sudah melakukan transformasi ke digitalisasi bisnis saat ini.

 

Jika UMKM sudah menjalankan bisnis dengan metode digital maka jangkauan pasar akan lebih luas, dan sebaliknya jika sebuah bisnis masih menjalankan sistim offline atau belum menggunakan metode digital pasti jangkauan pasarnya akan terbatas. Maka dari itu tranformasi ke digitalisasi bisnis sangat penting.

 

 Tujuan adanya digitalisasi bisnis yaitu kita dapat dengan cepat mencapai target konsumen dengan luas dan tepat karena banyak masyarakat yang tentunya sudah paham tentang teknologi sekarang ini dan untuk manfaat adanya digitalisasi bisnis adalah kita bisa menyebar luaskan informasi tentang apapun dengan lebih efisien dan efektif, kita bisa berjualan lewat media sosial, kita bisa memesan tiket lewat online, kita bisa mendapatkan berita terbaru dan masih banyak hal yang lainnya, tetapi pasti ada dampak negatif yang kita ketahui, karna anak muda zaman sekarang banyak yang menyalah gunakan teknologi atau sosial media, seperti bermain game terus menerus, menonton video/film yang yang tidak senonoh dan lainnya.

 

Jadi menurut saya, penting adanya perkembangan teknologi bagi indonesia, tetapi kita harus paham bagaimana cara menggunakan teknologi dengan benar, jangan sampai kita menggunakan teknologi dengan salah, karna indonesia butuh remaja yang paham tentang teknologi agar indonesia semakin berkembang, karena kalo bukan kita mau siapa lagi? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id