Sebanyak 30 Tim dan Relawan SAR Arnavat Pemalang Dikukuhkan

Sebanyak 30 Tim dan Relawan SAR Arnavat Pemalang Dikukuhkan

KUKUHKAN - Kapolres pemimpin upacara pengukuhan tim dan relawan Arnavat di Pantai Raden Joko Tingkir Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, Pemalang. Foto : M Ridwan/ Radar Pemalang --

PEMALANG (DiswayJateng)  - Sebanyak 30 tim dan relawan Arnavat dikukuhkan. Pengukuhan dipimpin Kapolres PEMALANG di Pantai Jaka Tingkir, Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan, PEMALANG, Sabtu (29/20)

Kapolres PEMALANG AKBP Ari Wibowo menyampaikan, relawan Arnavat adalah masyarakat yang dibentuk sebagai relawan dan ini merupakan sinergitas dan kolaboratif yang aktif diantara pemangku kepentingan, yaitu mengajak masyarakat untuk peduli terhadap wilayah perairan dan misinya tidak ada lain adalah misi-misi kemanusiaan.

"Tim dan Relawan SAR Arnavat berasal dari masyarakat, mereka akan bersinergi dan berkolaborasi aktif dengan Polri, TNI AL dan BPBD Kabupaten PEMALANG," jelasnya, kemarin.

Kapolres mengatakan, mereka yang tergabung dalam Tim dan relawan SAR Arnavat, akan bergerak bersama petugas dalam misi kemanusiaan, seperti penyelamatan korban dalam musibah kecelakaan, baik di perairan laut ataupun sungai. Selain itu, relawan SAR Arnavat juga dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi awal, untuk mendukung keberhasilan dalam misi penyelamatan korban musibah kecelakaan laut.

“Secara berkesinambungan akan dilakukan pelatihan, untuk meningkatkan kemampuan para relawan,” kata Kapolres.

Menurutnya, masyarakat yang tergabung dalam relawan Arnavat sebagian besar berasal dari wilayah pesisir pantai utara Kabupaten PEMALANG. Sementara ini telah terbentuk 30 orang relawan, mudah-mudahan kedepan dapat bertambah dan dikembangkan lagi.

"Wlayah perairan pantai utara dan selatan Jawa Tengah memiliki karakteristik gelombang tinggi, sehingga rawan terjadinya kecelakaan laut, seperti kapal tenggelam, orang tenggelam, hilang, hanyut dan jatuh ke laut, jadi adanya relawan Arnavat sangat dibutuhkan," terangnya

Kapolres menambahkn, dari data Ditpolairud Polda Jawa Tengah, pada tahun 2021 telah terjadi 107 laka laut, semoga kedepan kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah Kabupaten PEMALANG(rid/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: