Lagi, 35 Rumah di Kecamatan Wanasari Rusak Diterjang Angin Kencang

Lagi, 35 Rumah di Kecamatan Wanasari Rusak Diterjang Angin Kencang

Petugas mengecek kerusakan rumah yang diterjang angin kencang di Kecamatan Wanasari. -UU-

BREBES, (DiswayJateng.id) - Sebanyak 35 rumah warga di dua desa di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes rusak diterjang angin kencang, Selasa (11/10).

Rumah yang rusak tersebar dua desa, yaitu di Desa Sigentong ada 21 rumah tersebar di RT 04 dan RW 05. Saat ini warga tengah gotong royong membersihkan puing-puing rumah yang rusak. 

Danramil 03 Wanasari Mayor Infanteri Solekhudin mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian angin kencang tersebut. Hanya saja, 35 rumah warga rusak akibat bencana tersebut. Dari 35 rumah yang terdampak, 33 atap rumah rusak ringan dan 2 rusak sedang. Sedangkan 14 rumah lainnya yang terdampak merupakan warga Desa Siwungkuk.

"Hari Rabu ini warga gotong royong membersihkan puing dan melakukan perbaikan darurat. Sebelum kejadian, wilayah ini turun hujan yang terjadi sekitar pukul 13.30-14.30 WIB dengan intensitas cukup tinggi," katanya, Rabu (12/10). 

Dia melanjutkan, kebanyakan rumah yang rusak terjadi pada bagian atapnya yang roboh. Sedangkan yang lain gentengnya berserakan karena terhempas angin kencang. Akibat kejadian ini, kerugian yang ditaksir di Desa Sigentong mencapai ratusan juta. Sedangkan di Desa Siwungkuk kerugian ditaksir puluhan juta. 

Lebih lanjut, dirinya memaparkan kebanyakan rumah yang atapnya roboh karena kondisinya sudah rapuh. Sementara untuk genteng yang terhempas angin itu rata-rata genteng kuno dan riskan tersapu angin kencang. Bersama unsur terkait pihaknya juga melakukan himbauan agar warga memangkas cabang-cabang pohon yang dekat pemukiman dan di pinggir jalan. 

"Hal ini, agar pohon tidak mudah tumbang atau patah cabangnya saat hujan deras turun yang disertai angin kencang," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: