Jalan Rusak di Jatinegara Kabupaten Tegal, Warga Terpaksa Perbaiki Pakai Uang Pribadi

Jalan Rusak di Jatinegara Kabupaten Tegal, Warga Terpaksa Perbaiki Pakai Uang Pribadi

RUSAK - Warga memperbaiki jalan rusak dengan biaya sendiri.--

 

SLAWI (DiswayJateng) - Jalan di Dukuh Wanarata, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal rusak parah.

 

Jalan yang berstatus milik kabupaten itu, merupakan jalur penghubung antar dua desa. Yakni Desa Wotgalih dan Desa Dukuhbangsa. 

 

Sudah bertahun-tahun, jalan sepanjang sekitar 5 kilometer dengan lebar 4 meter itu, tak pernah diperbaiki. Padahal, Pemerintah Desa Wotgalih berulangkali mengusulkan anggaran ke Pemkab Tegal untuk perbaikan jalan tersebut. Namun tak kunjung direalisasi.

 

Imbas dicuekin Pemkab Tegal, warga Desa Wotgalih akhirnya patungan atau iuran dan menyewa alat berat untuk memperbaiki jalan tersebut.

 

Warga terpaksa berswadaya lantaran kondisi jalan sudah rusak parah. Tak jarang, warga kerap terjatuh saat melewati jalan tersebut. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak sekolah juga kerap tergelincir karena hampir di sepanjang jalan berlubang.

 

"Setiap hari pasti ada pengendara yang terjatuh. Kasihan kalau dibiarkan. Sehingga warga berinisiatif patungan untuk memperbaiki jalan itu," kata Kepala Desa Wotgalih, Warji, Minggu (18/9).

 

Dia mengaku sangat mengapresiasi kegigihan para warga yang rela berkontribusi untuk kepentingan umum. Setiap pemilik kendaraan roda empat atau lebih, iuran Rp 100 ribu. Uang yang berhasil dikumpulkan totalnya sebanyak Rp3,5 juta.

Sumber: