Bangunan SDN Pedeslohor 02 Kabupaten Tegal Ambruk

Bangunan SDN Pedeslohor 02 Kabupaten Tegal Ambruk

AMBRUK - Sejumlah pejabat Pemkab Tegal meninjau bangunan SD yang ambruk.Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

 

SLAWI (DiswayJateng) - Bangunan SDN Pedeslohor 02 Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, ambruk, Minggu siang (11/9). Bangunan yang ambruk merupakan ruang kelas 4, 5 dan 6. 

 

Ketiga ruang itu, sebenarnya masih dalam tahap perbaikan atau rehab. Namun, pekerjaan belum selesai, bangunan sudah ambruk. Disinyalir, dinding ketiga ruang kelas tersebut tidak kuat lantaran atapnya diganti dengan baja ringan dan genteng morando.

 

"Semula atapnya pakai asbes. Tapi diganti menggunakan baja ringan dan genteng morando. Sehingga dindingnya tidak kuat menahan beratnya morando," kata Direktur CV Wanatirta Brebes, Susanto, saat ditemui di lokasi, Senin (11/9).

 

CV Wanatirta merupakan penyedia jasa yang memenangkan tender rehab bangunan SDN Pedeslohor 02 dengan nilai kontrak Rp501 juta. Ada 6 ruang kelas yang direhab. Yakni, ruang kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Sedangkan yang ambruk hanya ruang kelas 4, 5 dan 6. Sementara ruang kelas 1, 2 dan 3 tidak ambruk meski sebagian sudah dipasang genteng morando dan baja ringan.

 

Menurut Susanto, ambruknya tiga ruang kelas itu merupakan kesalahan dari pihak perencana. Mestinya, perencana dari awal sudah memperhitungkan kondisi bangunan SD tersebut. Karena bangunan sudah berusia lama. 

 

"Itu tidak diperhitungkan kontruksi lamanya. Apakah mampu apa tidak menggunakan morando dan baja ringan, yang beratnya kisaran 5 sampai 6 ton. Sedangkan bangunan lama hanya pakai asbes," cetusnya.

 

Susanto menyatakan, kendati progres bangunan sudah memasuki 44 persen, tapi dirinya belum dibayar dari Pemkab Tegal. Dengan begitu, belum ada kerugian negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: