Jalan Beton Bantuan Ganjar di Cilacap Dongkrak Perekonomian Desa

Jalan Beton Bantuan Ganjar di Cilacap Dongkrak Perekonomian Desa

MULUS - Jalan desa yang diperbaiki mampu mendongkrak perekonomian warga.--

 

CILACAP (DiswayJateng) - Masih ingat jalan penghubung empat desa di Kecamatan Kesugihan, Kabupaten CILACAP yang diresmikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Oktober 2019 lalu? Iya, jalan beton sepanjang 8 kilometer itu bukan hanya menjadi kemudahan akses transportasi, tapi juga telah mendongkrak perekonomian warga.

 

Jalan yang melintasi Desa Pesanggrahan, Desa Karang Jengkol, Desa Keleng dan Desa Ciwuni tersebut dibangun dari dana gotong royong. Yakni anggaran Bantuan Gubernur Rp 7 miliar, anggaran Pemerintah Pusat Rp 5 miliar dan Pemerintah Kabupaten Rp 4 miliar.

 

Kepala Desa Pesanggrahan, Tugiman menuturkan bahwa betonisasi jalan tersebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Bahkan, saat ini pihaknya tengah merintis obyek wisata Kampug Durian.

 

“Dampaknya di perekonomian sangat meningkat. Dan, kita sedang membangun Kampung Durian, Wisata Kampung Durian karena akses jalan sudah baik, akses mudah dan nyaman,” ujarnya, Senin (8/8).

 

Kampung Durian sendiri merupakan edukasi wisata terutama di bidang budidaya durian dan palawija yang lain. Nantinya, bagi wisatawan selain dapat belajar budidaya tanaman, juga dapat menikmati buahnya.

 

“Ini sedang kita rintis. Ya di lokasi kita tanami durian dan ada gazebo-gazebo,” lanjutnya.

 

Dikatakannya, kondisi jalan dulunya berupa aspal yang sudah rusak karena sering dilintasi truk galian C. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: