Pesawat Yang Jatuh di Blora Ternyata Golden Eagle TT-5009 Milik TNI AU, Jatuh Saat Latihan Terbang Malam

Pesawat Yang Jatuh di Blora Ternyata Golden Eagle TT-5009 Milik TNI AU, Jatuh Saat Latihan Terbang Malam

BLORA, (DiswayJateng)- Pesawat yang jatuh di Desa Nginggil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, pada Senin (18/7) ternyata adalah jenis T50i Golden Eagle TT-5009 milik TNI AU.

Saat itu pesawat tersebut tengah latihan terbang militer. Sang pilot Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA: Pesawat Jatuh di Blora, Kabid Humas Polda Jateng: Nanti Dari TNI AU yang Beri Pernyataan

"Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi mengalami kecelakaan saat menjalani latihan terbang malam. Pesawat TT-5009 yang diterbangkan, dilakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.07 WIB, dan akhirnya dilaporkan jatuh," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (19/7). 

Dia mengtakan Lettu Allan merupakan perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017 itu gugur saat melaksanakan tugas latihan terbang malam. Atas kepergiannya, Lettu Allan meninggalkan seorang istri yang baru dinikahi pada 2021.

"Kecelakaan pesawat itu menyisakan duka mendalam. Tidak saja bagi keluarga, duka juga dirasakan seluruh jajaran TNI AU khususnya dan TNI serta masyarakat Indonesia pada umumnya," ungkapnya. 

Indan menuturkan saat ini tim TNI Angkatan Udara sedang melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat buatan Korea Aerospace Industry berkolaborasi dengan Lockheed Martin tersebut. 

"Saat ini, TNI AU juga telah membentuk tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) untuk menyelidiki sebab-sebab jatuhnya pesawat tersebut," katanya. 

TNI AU mengucapkan terima kasih atas peran serta aparat kewilayahan dan masyarakat dalam proses evakuasi dan pengamanan di lokasi kejadian. Indan mengharapkan masyarakat jika menemukan bagian pesawat agar melaporkan kepada petugas di lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn/antara