Bentuk Karakter Siswa, SDN Panggung 9 Kota Tegal Kurban Satu Ekor Sapi

Bentuk Karakter Siswa, SDN Panggung 9 Kota Tegal Kurban Satu Ekor Sapi

Kepala SDN Panggung 9 Kota Tegal Yuliati bersama guru dan siswa melaksanakan kurban sapi-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) - Sekolah Penggerak Sekolah Dasar (SD)  Negeri Panggung 9 Kota Tegal melaksanakan kurban satu ekor sapi. Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban disaksikan guru, komite dan peserta didik di halaman sekolah setempat, Senin (11/7).

 

Kepala SD Negeri Panggung 9 Tegal Yuliati mengatakan kepada guru-guru dan siswa sesuai program sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban sebagai latihan di lingkungan sekolah.

 

Penyembelihan hewan kurban merupakan latihan yang bertepatan langsung dengan hari pertama masuk sekolah di Tahun Pelajaran 2022/2023. Penyembelihan kurban merupakan latihan bagi siswa yang bertujuan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

“Sekaligus membentuk karakter siswa untuk memiliki jiwa rela berkorban dan peduli sosial. Sedangkan bagi sekolah manfaatnya untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan,” katanya.

 

Yuliati mengungkapkan, melalui penyembelihan kurban di sekolah, peserta didik menyaksikan langsung bagaimana tata cara penyembelihannya, dan tahu jenis serta kondisi hewan kurban yang disyaratkan sesuai syariat Islam.

 

Kegiatan diikuti 12 orang tenaga pendidik dan kependidikan, 167 siswa, serta sebagian orang tua siswa. Ini sudah menjadi program sekolahnya dan telah disepakati orang tua.

 

“Sosialisasi saat masuk menjadi siswa baru kelas satu. Kami berharap program ini bisa menjadi rutinitas tahunan,” ujarnya.

 

Menurutnya, pemotongan hewan kurban diserahkan kepada ahlinya (tukang jagal). Selain itu, sekolah melibatkan wali kelas dan komite untuk berpartisipasi mendukung penyembelihan hewan kurban. Peserta didik juga dilibatkan untuk berpartisipasi pelaksanaan kegiatan penyembelihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal