Tegal Kembali Dilanda Bencana Tanah Bergerak, 60 Rumah Rusak Berat

Tegal Kembali Dilanda Bencana Tanah Bergerak, 60 Rumah Rusak Berat

RUSAK - Petugas BPBD Kabupaten Tegal mengecek rumah retak akibat tanah bergerak di Desa Kajen Kecamatan Lebaksiu, Selasa malam (7/6). (FOTO YERI NOVELI/RADAR SLAWI)--

LEBAKSIU (Disway Jateng)- Sebanyak 60 rumah warga di RT 03 dan RW 04, RW 09, Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, rusak akibat dilanda bencana tanah bergerak, Selasa (7/6). Bencana yang berpusat di Daerah Aliran Sungai (DAS) Gung Desa Kajen itu terjadi pukul 20.00 WIB.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin mengatakan, hasil asesment dari Tim TRC BPBD Kabupaten Tegal, dalam musibah itu tidak ada korban jiwa.

 

Namun demikian, sedikitnya 57 rumah warga mengalami rusak ringan dan 3 rumah rusak berat. Tim sudah mengarahkan warga untuk mencari zona aman.

 

"Warga tidak ada yang mengungsi, tapi kalau pas hujan, mereka mencari tempat yang lebih aman. Ada yang di rumah saudara, ada pula yang numpang di tetangga," kata Jaenal Dasmin.

 

Dia menuturkan, bencana tanah bergerak itu berawal saat di wilayah Kecamatan Lebaksiu diguyur hujan deras pada Senin (6/7).

 

Sehingga, debit air Sungai Gung mengalami kenaikan dan mengakibatkan pergerakan tanah di wilayah Desa Kajen.

 

"Jadi, jarak antara bibir Sungai Gung dengan rumah penduduk hanya sekitar 10 meter. Sehingga rawan sekali dengan pergerakan tanah," imbuhnya. (yer/wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal