Tingkatkan Kreativitas Guru, Pembelajaran Berbasis Loose Part untuk Anak Usia Dini Dilombakan

Tingkatkan Kreativitas Guru, Pembelajaran Berbasis Loose Part untuk Anak Usia Dini Dilombakan

Ketua IGTKI Kota Tegal Riskiana bersama dewan juri memberi motivasi guru dalam lomba kreativitas di TK Ihsaniyah, Mintaragen (FOTO MEIWAN DANI RISTANTO/RADAR TEGAL)--

TEGAL (Disway Jateng) – Untuk meningkatkan kreativitas guru, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Tegal mengadakan lomba kreativitas guru untuk pembelajaran anak usia dini berbasis Loose Part.

Acara tersebut dalam rangka memperingati HUT IGTKI ke-72 dan menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Ada 71 lembaga sekolah yang mengikuti lomba tersebut.

Loose Part adalah media material lepas yang penggunaannya dapat beragam-ragam. Artinya, bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Lomba kreativitas guru dalam seting pembelajaran Loose Part  ini dalam rangka menyambut HUT IGTKI ke-72,” ungkap Ketua IGTKI Kota Tegal, Riskiana, Rabu (25/5/2022).

Ditambahkan Riskiana, lomba bertujuan meningkatkan kreatifitas guru, karena guru dituntut memiliki kemampuan mengajar. Guru dikatakan berhasil mengelola kelas saat pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik sangat menyenangkan, yaitu dengan pembelajaran berbasis bahan Loose Part. Harapannya, agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan motoriknya, menggembangkan kecerdasan (kognitif anak), dan mengembangkan keterampilan sosialnya.

Menurut Riskiana, lomba kreativitas guru menggunakan pembelajaran Loose Part untuk menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Ada 71 lembaga Taman Kanak-Kanak yang mengikuti.

“Dengan lomba ini, saya berharap guru-guru TK bisa menciptakan kreativitas Loose Part dari alam, seperti daun kering, pasir, kerang dan lainnya. Kurikulum Merdeka Belajar berbeda dengan Kurikulum 13. Dewan juri menghadirkan Ibu Sri Margiyati dan Ibu Dewi Umaroh,” ujarnya.

Sementara, Kabid PAUD dan PNFI Disdikbud Kota Tegal Dewi Umaroh menyampaikan pembelajaran Loose Part merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar. Siswa diberi kebebasan membuat karya atau menggambar sesuai imajinasi mereka. Loose Part dapat memanfaatkan bahan bekas pakai.

“Inisiator lomba kreativitas guru ini adalah IGTKI Kota Tegal,” tegasnya. (mei/wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal