Libur Lebaran, Volume Sampah Naik 50 Persen

Libur Lebaran, Volume Sampah Naik 50 Persen

TEGAL (Disway Jateng) - Valume sampah di Kota Tegal dilaporkan mengalami kenaikan selama libur Lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijriah ini. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal memperkirakan kenaikan volume sampah sebanyak 50 persen dibandingkan kondisi normal. Di hari biasa, volume sampah 200 ton perhari. Kota Tegal masih mengandalkan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu di setiap kelurahan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan PKLH, DLH Kota Tegal, Indriani Winarti menyampaikan, untuk meminimalisir kenaikan volume sampah di Kota Bahari, jauh sebelumnya DLH melakukan sosialisasi brrtajuk ‘Mudik Tegal Resik Minim Sampah Plastik’ dengan memasang spanduk berisi edukasi kepada masyarakat.

Melalui spanduk, warga diimbau membuang sampah ke wadah sesuai jenisnya. Kemudian, membawa tas belanaja dan menghindari tas plastik sekali pakai, makan makanan tanpa sisa, dan membawa wadah alat makan yang dapat digunakan ulang. Selain itu, Surat Edaran Wali Kota diterbitkan. “SE Wali Kota diedarkan kepada lembaga di luar OPD,” kata Indri, Senin (9/5).

Dalam SE tersebut disampaikan mengimbau dan mengajak penduduk, pelaku usaha, dan semua stakeholder untuk melakukan penanganan dan mensosialisasikan pengendalian sampah di musim arus mudik. Menjaga kondisi tetap minim sampah dan mengantisipasi timbulan sampah, agar disediakan fasilitas penanganan sampah terpilah di tempat publik.

Yaitu seperti di stasiun, terminal, tempat istirahat, obyek wisata, dan pertokoan. Kemudian, memberikan imbauan dan ajakan untuk menggunakan peralatan makan dan minum yang dapat digunakan berulangkali yang disampaikan dalam bentuk poster, iklan layanan masyarakat, spanduk, dan lainnya sejak lima hari sebelum perayaan Idul Fitri. (nam)

Editor         : Sekhun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: