Langkah berikutnya adalah merancang konsep produk kopi. Konsep ini mencakup berbagai aspek seperti rasa kopi, metode penyajian, dan desain kemasan.
Untuk memastikan produk Anda tepat sasaran, sesuaikan konsep dengan preferensi target pasar. Anda dapat mengambil inspirasi dari produk kopi yang sudah sukses di pasaran.
5. Siapkan Ruang untuk Operasional
Langkah berikutnya dalam memulai bisnis kopi adalah menyiapkan ruang untuk operasional. Ruang ini tidak perlu luas, karena yang terpenting dalam bisnis kopi adalah menciptakan suasana yang nyaman.
Jika anggaran untuk menyewa tempat terbatas, Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sendiri sebagai kafe.
6. Desain Tata Letak Kafe yang Nyaman
Aspek bisnis kopi ini berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Setelah memilih lokasi, penting untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan.
Anda dapat menyesuaikan desain dengan tren kafe terkini, menambahkan elemen dekoratif, atau menyediakan area khusus untuk musik. Selain tata letak, pengaturan pencahayaan kafe juga harus disesuaikan dengan preferensi konsumen.
BACA JUGA:10 Ide Bisnis Passive Income
BACA JUGA:5 Bisnis Online yang Lagi Viral, Untung 1 Juta Tiap Hari
7. Ciptakan Desain Produk yang Menarik
Kualitas produk kopi tidak hanya ditentukan oleh rasa, tetapi juga oleh kemasannya. Oleh karena itu, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis kopi adalah merancang kemasan produk dengan sebaik mungkin.
Desain kemasan yang menarik tidak hanya berpotensi menarik perhatian konsumen, tetapi juga merupakan strategi pemasaran yang efektif. Desain yang menarik dapat menjadi objek foto bagi konsumen dan berpotensi viral di media sosial.
8. Tentukan Standar Penyajian Kopi
Langkah berikutnya dalam bisnis kopi adalah menetapkan standar penyajian kopi untuk menjaga kualitas rasa.
Setelah prosedur operasional standar (SOP) penyajian kopi disusun, penting untuk mendokumentasikannya dalam bentuk cetak agar Anda dan staf dapat mengaksesnya kapan saja diperlukan.
9. Pilih Barista yang Sesuai dengan Standar Kafe Anda
Langkah kesembilan dalam memulai bisnis kopi adalah memilih barista. Setelah SOP disusun, Anda perlu memutuskan apakah akan merekrut barista atau meracik kopi sendiri. Jika memilih untuk merekrut, pastikan barista yang Anda pilih mampu mengikuti SOP yang telah ditetapkan.
Selain itu, mengingat modal bisnis kopi Anda minim, pastikan keuntungan dari kafe kopi Anda cukup untuk membayar gaji sebelum membuka lowongan untuk barista.
10. Lakukan Promosi Secara Luas di Media Sosial
Strategi terakhir dalam bisnis kopi adalah memperluas jangkauan melalui media sosial. Dengan modal awal yang minim, media sosial menjadi platform promosi yang sangat efektif dan gratis yang harus Anda manfaatkan.
Pelajari cara membuat konten promosi yang sederhana untuk diunggah di media sosial, kemudian sebarluaskan secara luas di kalangan pengguna internet.