Lahan Kosong di Desa Pesarean Kabupaten Tegal Terbakar

Senin 21-10-2024,09:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

SLAWI, jateng.disway.id - Lahan ilalang di RT 03 RW 04 Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna terbakar. Penyebab kebakaran itu belum diketahui alias masih misteri.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi melalui Kabid Penanggulangan Kebakaran Suwitno mengungkapkan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. 

Kala itu, pihaknya mendapat laporan dari warga jika lahan kosong yang bersebelahan dengan rumah penduduk terbakar. 

"Setelah mendapat laporan dari warga, kami langsung menerjunkan tim ke lokasi," kata Suwitno.

BACA JUGA:Di Kabupaten Tegal Marak Kebakaran Lahan Kosong, DPRD Sarankan Begini

BACA JUGA:Sebanyak 130 Kasus Kebakaran Terjadi di Kabupaten Tegal Sejak Januari hingga Oktober 2024

Dia menuturkan, sebenarnya warga di lokasi sudah berupaya memadamkan api tersebut dengan alat seadanya. Namun, mereka tidak mampu menjinakkan karena jilatan si jago merah bergerak dengan cepat. Bahkan, sejumlah rumah penduduk di sekitar lokasi nyaris terbakar.

"Beruntung petugas Damkar datang tepat waktu. Sehingga api berhasil dipadamkan sebelum merambat ke rumah penduduk," ujarnya.

Dia mengaku sudah menggali informasi ihwal penyebab kebakaran itu ke sejumlah warga di sekitar lokasi. Namun, warga tidak tahu sumber api itu muncul darimana.

"Dugaan kami, penyebabnya karena kelalaian," ucapnya.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Asesmen Kebakaran Rumah

BACA JUGA:Waspadai Kawasan Rawan Bencana Kekeringan dan Kebakaran Hutan di Kabupaten Tegal

Suwitno mewanti-wanti kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tegal agar tetap waspada di musim yang ekstrim ini. Karena, meski sudah masuk musim hujan, tapi masih cenderung panas. Sehingga banyak ilalang dan pohon yang mengering dan mudah terbakar.

"Kalau mau membakar sampah, jangan sembarangan. Termasuk kalau mau buang putung rokok, supaya dimatikan dulu," pesannya. 

Kategori :