Pembebasan Lahan Seksi 6 di Ruas Ambarawa-Bawen, Pembayaran UGK Desa Terdampak

Sabtu 12-10-2024,14:04 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

BAWEN.jateng.disway.id - Terkait pembebasan lahan Seksi 6 ruas Ambarawa-Bawen terdapat 4 desa yang terdampak atas Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Sebelumnya, PT Jasamarga Jogja Bawen fokus dengan pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dengan konstruksi Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo sepanjang 8,80 Km, dan Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen sepanjang 4,98 Km.

“Ada pun, 4 desa yang terdampak atas Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen adalah Desa Kandangan, Desa Doplang, Kelurahan Bawen serta Desa Kupang, yang sebagian besar bidang telah melakukan pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK),” Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen AJ Dwi Winarsa, Sabtu 12 Oktober 2024.

Ia mengungkapkan, progres konstruksi Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen saat ini sedang dalam proses perizinan kepada instansi yang terdampak.

Ada pun instansi-instansi tersebut berada di daerah Kabupaten Semarang.
“Pekerjaan yang dilakukan di lapangan meliputi pengerjaan _borpile_ jembatan dan pekerjaan _box underpass_ Simpang Susun Ambarawa,” tambahnya.

Terkait jarak lahan Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo, menurut Dwi menyebutkan telah mencapai 95,29%.

Dalam hal UGK, saat ini telah direalisasikan ke tujuh desa dan ditargetkan akan selesai tahun ini.

Desa-desa tersebut meliputi, Desa Tirtoadi, Desa Margomulyo, Desa Margokaton, Desa Margodadi, Desa Sumberejo, Desa Tambakrejo, dan Desa Banyurejo.

“Untuk sisa tanah yang belum dirilis, seperti tanah karakteristik khusus (Tanah Wakaf dan Tanah Instansi), juga dijanjikan akan selesai tahun ini,” ungkapnya.

Diinformasikan sebelumnya, PT JJB mencatat kemajuan signifikan dalam pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Saat ini fokus pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen merupakan konstruksi Seksi 1 Ruas Yogyakarta-SS Banyurejo sepanjang 8,80 Km, dan Seksi 6 Ruas Ambarawa-Bawen sepanjang 4,98 Km.

Dimana, konstruksi di kedua seksi ini tengah menjadi prioritas utama dan ditargetkan selesai untuk Seksi 1 di Triwulan 2 tahun 2026 dan Seksi 6 di Triwulan 4 tahun 2025. Kedua seksi tersebut diharapkan dapat beroperasi sesuai dengan rencana.

BERPROSES : Kontruksi pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sampai saat ini masih terus berproses. Foto : dok. PT JJB/ Nena Rna Basri

Kategori :