Serukan Tanam Cabe, Pj Wali Kota Salatiga: Bibit dari Pemerintah Tekan Inflasi

Jumat 11-10-2024,15:00 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

SALATIGA.jateng disway.id - Pj Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani, menyerukan agar warga Salatiga menanam cabe dengan bibit dari pemerintah bekerja sama dengan gerakan TNI guna menekan inflasi.

Seruan ini disampaikan Yasip Khasani setelah mempelajari setiap kali kenaikan inflasi, penyebab di Salatiga karena naiknya harga cabe.

"Penanaman cabe dapat dilakukan dengan menggunakan tanah milik Pemerintah yang tidak produktif, bibit dan pupuk akan dibantu dari Dinas Pertanian," mata Yasip Khasani di Salatiga, Jumat 11 Oktober 2024.

Melalui swasembada pangan secara mandiri, dengan pola menanam sendiri hasil panen cabe dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Salatiga. Sehingga masyarakat Salatiga bisa membeli dengan subsidi di bawah harga pasar.

Terkait potensi wilayah, Yasip Khasani menyinggung jika Kelurahan Sidorejo Lor yang memiliki potensi wisata komplek karaoke Sarirejo di RW 9.

Hanya saja memang, komplek karaoke  Sarirejo di RW 9 sejauh ini belum menjadi usaha resmi sehingga Pemerintah belum bisa menerapkan retribusi atau pajak sesuai ketentuan.

Sehingga, perlu difikirkan bersama bagaimana supaya usaha tersebut menjadi usaha yang legal, supaya dari sisi bisnis menjadi aman dan dari sisi Pemerintah akan menghasilkan pendapatan daerah.

Ia mencatat, penghasilan dari sebuah kelurahan akan dikembalikan 40 persen untuk dana kelurahan. Sehingga, kelurahan yang bisa menghasilkan banyak, jalan jangkaunnya juga akan tinggi, baik infrastruktur maupun kapasitas ekonominya.  

"Kenapa saya ngomong pendapatan daerah, saya ingin nanti Ketua RW bisa mendapatkan tunjangan bulanan setingkat dengan eselon 5A sedangkan Ketua RT akan mendapatkan tunjangan bulanan setingkat dengan eselon 5B," terangnya.

Sementara, Lurah Sidorejo Lor, Giovanni Raissa menuturkan bahwa wilayahnya memiliki 16 RW dengan 95 RT. Dengan potensi wisata meliputi Roncalli, Ngebong, Taman Cerdas, RM. Joglo Rini, UMKM RW 11 dan RW 15, serta komplek karaoke di Sari Rejo RW 9.

Kategori :