Siapkan Anak Istimewa Lebih Mandiri, Sahabat Down Syndrome Gelar Pelatihan Membatik Bagi ABK

Jumat 11-10-2024,09:38 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Laela Nurchayati

"Anak Down Syndrome ini IQnya terlambat dan lemah sehingga untuk bisa fokus dalam suatu hal itu susah, bisa fokus 2 jam saja itu sudah bagus," ucapnya.

"Sama-sama anak berkebutuhan khusus, tapi kalau anak Autis secara fisik seperti anak normal pada umumnya, tapi mereka lebih konsentrasinya terlambat. Sedangkan anak Down Syndrome wajahnya seperti Moon Face, sehingga sebelum anak-anak beranjak dewasa kita beri pelatihan agar menjadi anak yang mandiri," tutupnya. 

BACA JUGA:Siswi SMK Semarang Hilang saat Mendaki Gunung Slamet

BACA JUGA:Pendaki asal Semarang Yang Hilang di Gunung Slamet Ditemukan

Sahabat Down Syndrome

Dilansir dari laman halodoc, Down Syndrome atau Sindrom Down adalah kondisi yang menyebabkan anak dilahirkan dengan kromosom yang berlebih atau kromosom ke-21.

Gangguan ini disebut juga dengan trisomi 21 dan dapat menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan dalam perkembangan fisik dan mental, bahkan kecacatan.

Gangguan ini adalah kelainan kromosom genetik yang paling umum terjadi. Selain itu, kelainan ini juga dapat menyebabkan masalah terkait kesehatan, seperti gangguan jantung dan pencernaan.

Tidak sedikit anak dengan gangguan ini mengalami kecacatan seumur hidup dan bahkan harapan hidupnya lebih pendek.

Dengan adanya kemajuan medis dan pemahaman yang lebih baik tentang sindrom Down, peningkatan kualitas hidup anak menjadi lebih baik.

Intervensi dini yang dilakukan juga dapat membantu pengidapnya untuk menjalani kehidupan yang memuaskan. Peran keluarga sangat penting untuk membantu kehidupan pengidap sindrom Down.

 

Kategori :