Bawaslu Kota Salatiga Kantongi Bukti Kades Bantal Salaman dengan Cagub Luthfi

Selasa 08-10-2024,21:01 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

SALATIGA, diswayjateng.id - Bawaslu Salatiga mengantongi bukti sebuah foto Kades Bantal Suparman bersalaman dengan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah Ahmad Luthfi saat menggelar kampanye di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga.

Hal ini dibenarkan Ketua Bawaslu Salatiga Dayusman Junus saat dikonfirmasi Disway.jateng, Selasa 8 Oktober 2024.

Dijelaskan Dayusman, bahwa foto yang dimiliki Bawaslu Salatiga bernama Suparman yang belakangan merupakan Kades Bantal si pengendara motor plat merah dengan pembonceng mengenakan kaos bertuliskan Paslon Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luhfi-Taj Yasin.

Suparman sendiri kepada sejumlah awak media mengakui sebagai pengemudi motor plat merah yang fotonya diunggah seorang warga Salatiga bernama Handrianus Handyar Rhaditya saat berhenti di traffic lights Tingkir, Salatiga.


"Ya, foto yang kita miliki yang bersangkutan (Kades Bantal), sedang bersalaman dengan Cagub Ahmad Luthfi dihari yang sana foto ia mengendarai motor plat merah," kata Dayusman.
BACA JUGA:Motor Plat Merah Ditunggangi Warga Berkaos Lutfi-Taj Yasin Tanpa Helm di Salatiga

Sebenarnya, lanjut dia, Suparman telah dipanggil secara resmi datang ke Bawaslu Salatiga untuk dimintai keterangannya pada hari ini, Selasa 8 Oktober 2024. Namun, hingga menjelang petang Suparman tak kunjung hadir.

Sehingga, Bawaslu Salatiga kembali akan melakukan pemanggilan kedua esok hari, Rabu 9 Oktober 2024.

Bawaslu Salatiga sendiri, aku Dayusman, hanya memiliki 3 x 24 jam saja untuk menangani perkara temuan tim siber tersebut. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan Bawaslu Salatiga akan diserahkan ke Gakkumdu Kota Salatiga.

"Rabu besok sudah 3 X 24 jam. Selanjutnya, akan kami serahkan ke Tim Gakkumdu, apakah memang layak diteruskan ataukah tidak," imbuhnya.

Sementara, Handrianus Handyar Rhaditya, pengacara yang mengunggah foto kendaraan roda dua plat merah ditunggangi pria tanpa mengenakan helm berkaos Ahmad Luhfi-Taj Yasin, calon Gubernur Jawa Tengah kembali diminta keterangan Bawaslu Salatiga, Selasa 8 Oktober 2024 petang.

BACA JUGA:Unggah Foto Pengendara Motor Plat Merah Berkaos Luthfi-Taj Yasin, Bawaslu Salatiga Minta Keterangan


Kepada disway.jateng, Handrianus Handyar Rhaditya atau biasa disapa Hendy mengatakan ia dimintai tiga keterangan tambahan.

"Hari ini selain disumpah, tadi saya juga diminta keterangan tambahan. Salah satunya, saya ditunjukkan foto seorang pria diduga yang pemegang pengemudi motor plat merah sedang bersalaman dengan Cagub Luthfi ketika menggelar kampanye di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga," ungkap Hendy.

Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, bahwa Bawaslu Salatiga mengantongi bukti jika laki-laki diboncengi Kades Bantal, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang bernama Suparman itu, adalah bocah berumur 15 tahun.

"Padahal kepada sejumlah media, Kades Bantal yang fotonya ditunjukkan kepada saya tadi sedang bersalaman dan berfoto dengan Cagub Luthfi mengaku tidak ikut kampanye hanya membantu jualan di JLS. Itu berarti dia ini memberikan keterangan palsu, itu bisa dikenai ancaman pidana loh bahwa memberikan ketetangan palsu," ungkap Hendy.

BACA JUGA:Bawaslu Salatiga: Motor Plat Merah Ditunggangi Sosok Berkaos Ahmad Luthfi-Taj Yasin Milik Kabupaten Semarang

Terpisah, Kades Bantal Suparman saat dikonfirmasi belum memberikan tanggapan. Saat dihubungi melakukan pesan whatsapp, hanya centang satu. Begitu juga saat ditelpon dengan keterangan memanggil.

Seperti diberitakan sebelumnya, geger di jagat maya Instagram (IG) sebuah unggahan foto pengendara motor plat merah ditunggangi dua orang tanpa mengenakan helm berhenti di Trafic Light perempatan Terminal Tingkir, Salatiga.

Unggahan itu diketahui tertanggal 30 September 2024. Yang mengejutkan, salah satu penunggang motor dengan Nomor Polisi H-6280-XV itu mengenakan t-shirts / kaos putih dengan bagian punggung tertera tulisan Pasangan Calon Gubernur Jateng, Ahmad Luthfi dan Tak Yasin.

Kategori :