Perhompedin Gelar RAC Untuk Galang Dana

Senin 07-10-2024,14:36 WIB
Reporter : Umar Dani
Editor : Laela Nurchayati

Semarang, diswayjateng.id – Event lari yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Hematologi-Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) sukses menarik perhatian masyarakat, dengan tujuan mulia menggalang dana bagi penderita kanker.

Acara "Run Against Cancer (RAC)" edisi ke-5 ini diadakan pada Minggu, 6 Oktober 2024, di Awancosta, Kompleks POJ City, Semarang.

Ketua Perhompedin Cabang Semarang, dr. Eko Edi, menjelaskan bahwa kegiatan Fun Run ini diikuti oleh 100 pelari dari berbagai komunitas lari yang menempuh jarak 5 kilometer.

"Komunitas lari seperti Semarang Runners, Pekalongan Runners, Batang Runners, Playon Desa, dan Mono Run turut serta dalam event ini," ujar dr. Eko saat konferensi pers.

BACA JUGA:PMI Kabupaten Tegal Beri Bantuan Rp19,5 Juta untuk Korban Angin Kencang

RAC menjadi wujud nyata komitmen Perhompedin untuk mendukung penggalangan dana bagi penderita kanker.

Pada edisi tahun 2023, RAC berhasil menyumbangkan dana sebesar Rp980 juta kepada Yayasan Kanker Indonesia Jateng, yang kemudian dimanfaatkan untuk berbagai fasilitas kesehatan dan dukungan lainnya.

Dr. Eko juga menegaskan bahwa seluruh penderita kanker yang terdaftar di Yayasan Kanker Indonesia mendapatkan kamar perawatan gratis.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi penyelenggaraan RAC dan menyebutnya sebagai bentuk dukungan yang sangat berarti bagi pemerintah dalam upaya menyediakan layanan kesehatan bagi penderita kanker.

BACA JUGA:PMI Kota Tegal Adakan Jalan Sehat dan Beri Penghargaan Pendonor Darah Sukarela

"Kanker tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga pada kondisi sosial dan psikologis penderitanya. Oleh karena itu, dukungan seperti ini sangat dibutuhkan," ujar Sumarno.

Ia juga menyambut baik rencana RAC berikutnya yang dijadwalkan pada Februari 2025, yang bertujuan untuk terus menggalang dana demi peningkatan pelayanan kesehatan bagi penderita kanker.

Kategori :