7 Cara Amankan Kontak WhatsApp dari Pinjaman Online

Jumat 04-10-2024,07:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Tips amankan kontak WA dari pinjol. Seperti yang diketahui, saat ini banyak masyarakat yang tergiur dengan pinjol alias pinjaman online. Karena beberapa pinjol ilegal dikabarkan dapat mengakses kontak WhatsApp (WA). 

Di era digital sekarang, pinjaman online atau pinjol kini semakin marak digunakan oleh berbagai kalangan. Ada beberapa langkah yang bisa kalian ambil untuk memahami tips amankan kontak WA atau WhatsApp dari pinjaman online yang agresif.

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di dunia. Adapun kontak kalian dalam WhatsApp mungkin berisi banyak informasi pribadi yang penting. Karena itu, tips amankan kontak WA dari pinjol penting diketahui. 

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai tips amankan kontak WhatsApp (WA) dari pinjol untuk menjaga data privasi agar terhindar dari berbagai risiko yang membahayakan. 

BACA JUGA:7 Tips Mengamankan Kontak WhatsApp dari Pinjol agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

Tips Amankan Kontak WhatsApp dari Pinjaman Online

1. Laporkan Spam dan Penyalahgunaan

Tips amankan kontak WhatsApp dari pinjol yaitu dengan melaporkan spam dan penyalahgunaan. WhatsApp (WA) memiliki fitur pelaporan yang memungkinkan kalian untuk melaporkan pesan dan pengguna yang mencurigakan atau mengganggu. Jika kalian menerima pesan spam dari pinjaman online, khususnya pinjol ilegal maka segera laporkan ke pihak berwajib.

Dengan mengambil langkah ini, kalian bisa membantu menjaga privasi kalian sendiri di WhatsApp dan mencegah akses tidak sah ke kontak dari aplikasi pinjaman online yang mungkin kurang bisa dipercaya.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah WA

Aktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Ini merupakan lapisan keamanan tambahan yang akan menjaga akun kalian tetap aman. Dengan verifikasi dua langkah, maka harus kalian memasukkan PIN khusus yang hanya kalian yang tahu setiap kali mencoba memverifikasi nomor WhatsApp.

BACA JUGA:Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

3. Periksa Pengaturan Privasi WhatsApp

WhatsApp memiliki pengaturan privasi yang memungkinkan untuk mengendalikan siapa yang bisa melihat informasi kontak kalian. Kalian bisa memilih untuk hanya membagikan informasi kontak dengan orang-orang yang dipilih. Juga, kalian bisa membatasi akses ke pihak tertentu untuk menghindari spam dari pinjaman online.

4. Tidak Memberikan Izin Akses Kontak

Kategori :