4 Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal Diusulkan ke Gubernur Jateng

Rabu 02-10-2024,08:30 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Empat nama calon Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Tegal diusulkan ke gubernur Jawa Tengah. Usulan itu tertuang dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tegal.

Ketua DPRD Sementara Kabupaten Tegal Galuh Gibran menjelaskan, tugas pimpinan sementara, pertama adalah memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi. Kemudian menyusun tata tertib serta memproses penetapan pimpinan DPRD definitif.

"Dalam rapat paripurna kali ini sesuai dengan tugas pimpinan sementara, maka telah ditetapkan pembentukan fraksi-fraksi dan penetapan usulan pimpinan definitif," katanya.

BACA JUGA:Penanaman Karakter Positif dan Pemahaman Hukum Cegah Pelajar dan Santri Salah Arah

Menurutnya, pembentukan fraksi dan penetapan pimpinan definitif ini memang harus segera dilaksanakan mengingat DPRD tidak akan bisa membentuk alat kelengkapan tanpa adanya fraksi dan pimpinan definitif. 

Tanpa adanya Alat Kelengkapan DPRD (AKD), maka operasional tugas dan fungsi DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah belum bisa dilaksanakan.

"Kira-kira 3 hari sudah turun SK dari gubernur dan nanti dilanjutkan dengan pelantikan," ujar Galuh. 

BACA JUGA:Pemakaman Ajudan dan Sopir Kapolres Boyolali Usai Kecelakaan di Tol Batang, Ibu Bripda Rio Pingsan

Dia mengungkapkan, empat calon pimpinan definitif, yakni untuk Ketua DPRD Kabupaten Tegal periode 2024-2029 berasal dari Fraksi PKB, yakni H Wasbun Jauhari Khalim SE, Wakil Ketua 1 dari Fraksi PDI Perjuangan KRT Sugono Adinagoro, Wakil Ketua 2 dari Fraksi Gerindra Rudi Indrayani SH MH, dan Wakil Ketua 3 dari Fraksi Golkar Agus Solichin SPsI. 

Sekretaris DPRD Untung Subagio Sos mengemukakan, setelah usulan resmi ini diterima oleh gubernur Jawa Tengah, maka akan muncul SK. Diharapkan, setelah ada SK, pimpinan definitif segera dilantik.

BACA JUGA:Usai Gangster Bubar, Pemkot jamin keamanan warga

“Maksimal tiga minggu ke depan, kita targetkan paripurna penetapan ketua definitif sudah dilaksanakan,” imbuhnya. 

Kategori :