Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar KPR Disetujui

Selasa 01-10-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

3. Melunasi Tunggakan Kredit

Debitur juga bisa mengecek jumlah tunggakan yang belum terbayar dan berapa bulan keterlambatannya. Ingat, semakin lama cicilan tidak dibayar maka denda yang dikenakan akan semakin besar.

Apabila debitur masih memiliki tanggungan yang belum dibayar, maka cara yang dapat diambil untuk membersihkan nama di SLIK OJK yaitu dengan melunasi tunggakan kredit tersebut hingga lunas.

Namun dalam sejumlah kasus, terdapat seseorang yang tidak pernah mengajukan cicilan tetapi namanya tercantum sebagai peminjam. Hal itu kemungkinan terjadi karena kesalahan dalam pemberian kredit.

Jika terjadi demikian, maka nasabah yang namanya terdaftar sebagai peminjam perlu melaporkan masalah tersebut kepada pihak pemberi kredit (kreditur) untuk dimintai konfirmasi dan penjelasan.

Kondisi tersebut bisa mengganggu seseorang yang sebenarnya memiliki skor kredit baik, tapi akhirnya tidak bisa mengajukan KPR karena dinilai memiliki tunggakan.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara membersihkan nama di SLIK OJK agar pengajuan KPR mudah disetujui oleh bank yang dapat kalian lakukan. Semoga bermanfaat. 

Kategori :