Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK agar KPR Disetujui

Selasa 01-10-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Pentingnya memahami cara membersihkan nama di SLIK OJK agar bebas dari blacklist riwayat kredit. Dan memudahkan dalam mengajukan pinjaman di KPR (Kredit Pemilikan Rumah) supaya di Acc. 

Cara membersihkan nama di SLIK OJK penting ketahui. Pasalnya, ketika nama telah masuk ke dalam daftar hitam maka kita akan kesulitan mengajukan pinjaman kredit termasuk KPR. Disebabkan memiliki skor kredit yang kurang bagus. 

Jika skor kredit jelek maka bank tidak menyetujui KPR yang telah diajukan oleh nasabahnya. Sebab, dikhawatirkan proses pembayaran kredit KPR macet dan akhirnya menunggak. Tapi tenang, jangan panik. Sebab, ada sejumlah cara membersihkan nama di SLIK OJK agar KPR yang diajukan akhirnya disetujui pihak bank.

Banyak masyarakat yang ingin membeli rumah dengan metode KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Namun agar KPR disetujui oleh bank, skor kredit kalian akan dicek terlebih dahulu lewat SLIK OJK. Namun jika kalian memiliki skor kredit buruk, berikut ada beberapa cara membersihkan nama di SLIK OJK yang bisa kalian coba dan lakukan dengan tepat. 

BACA JUGA:4 Cara Pemutihan Nama di SLIK OJK agar Pengajuan KPR Disetujui

Cara Membersihkan Nama di SLIK OJK Supaya KPR Disetujui

Apabila bank tidak menyetujui KPR yang kalian ajukan karena skor kredit jelek, jangan khawatir. Sebab, ada sejumlah cara untuk membersihkan nama di SLIK OJK dari skor kredit jelek. Berikut caranya:

1. Terus Memantau Skor Kredit

Setelah melunasi semua tunggakan cicilan, kini debitur harus melakukan konfirmasi ke OJK jika kewajiban kredit telah diselesaikan. Kemudian, debitur dapat memantau perubahan data skor kredit di SLIK OJK.

Perlu diingat, pembaruan data biasanya dilakukan maksimal 30 hari setelah pelaporan penghapusan tagihan. Nantinya, pihak pemberi layanan kredit juga akan menerbitkan surat keterangan penghapusan atau pelunasan tagihan untuk disimpan dan dipakai jika dibutuhkan.

Apabila data belum berubah dalam rentang waktu tersebut, maka debitur bisa melaporkan dan mengajukan komplain ke lembaga pemberi pinjaman. Mintalah konfirmasi dan kejelasan atas masalah tersebut supaya dapat diselesaikan secepatnya.

2. Cek Nama di SLIK OJK

Cara membersihkan nama di SLIK OJK selanjutnya yaitu mengecek nama yang digunakan saat berurusan dengan pihak pemberi layanan pinjaman. Langkah ini bisa membantu mengetahui apakah seseorang masih memiliki tanggungan yang belum dibayarkan atau tidak.

Untuk mengeceknya dapat dilakukan secara online lewat situs iDebku milik OJK di laman idebku.ojk.go.id. Untuk pengecekannya harus dilakukan oleh debitur sendiri dan tak bisa diwakilkan.

BACA JUGA:3 Cara Pemutihan SLIK OJK agar Pengajuan KPR Tidak Ditolak

Kategori :