Kapolsek Kaliwungu Polres Semarang Manfaatkan Lahan Mapolsek Budidaya Melon Hibrida

Selasa 01-10-2024,05:53 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

KALIWUNGU.jateng.disway.id - Sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan di wilayah, Kapolsek Kaliwungu Iptu A. Ruly Asmoro SH. MH., memanfaatkan lahan produktif Mapolsek Kaliwungu.

Tidak sia-sia. Dari tangan dinginnya, Iptu Ruly menjadikan lahan kosong di area kantor Mapolsek Kaliwungu Polres Semarang disulap menjadi lahan produktif.

Hasilnya, ia berhasil membudidayakan buah melon Hibrida dengan hasil (buah melon) varietas unggul.

Ditemui di sela kesibukannya, Kapolsek Iptu Ruly Asmoro selaku penggagas adanya kegiatan ketahanan pangan di tingkat Polsek itu berbagi ilmu kepada wartawan dalam mengolah lahan produktif.

“Kegiatan ini dilaksanakan selain sebagai pemanfaatan lahan, juga sebagai program ketahanan pangan bagi anggota maupun warga sekitar,” kata Iptu Ruly.

Ia yang tak pelit membocorkan pengetahuan cocok tanam bagi personel Polsek termasuk Bhabinkamtibmas terkait budidaya buah melon Hibrida itu, dalam pelaksanaan juga menggandeng warga sekitar khususnya yang memiliki kandang ternak baik ternak Kambing maupun Sapi.

Dimana akan dimanfaatkan kotoran ternaknya, selanjutnya diolah dan digunakan sebagai pupuk tanaman di kebun dengan luas 50 m persegi tersebut.

Selain dapat sebagai bahan edukasi bagi warga sekitar, sehingga menciptakan ketahanan pangan sekaligus meningkatkan ekonomi warga.

Kapolsek yang gemar menanam tanaman hias Anthurium itu pun berharap, kedepannya akan mengupayakan tanaman produktif lainnya.

Selanjutnya akan melakukan evaluasi tanaman produktif lain selain tanaman buah melon Hibrida.

Saat ini kami menanam total 100 tanaman melon, diantaranya Melon Hibrida Yurika, melon Hibrida Jingga dan melon lokal. Setelah panen nanti, kami akan melakukan evaluasi untuk menanam tanaman lain selain melon, mungkin tanaman cabai, sawi atau ketela. Sehingga dapat lebih bervariatif di lahan yang tersedia saat ini" tegasnya.

Iptu Ruly menambahkan, bahwa kegiatan ini pernah disampaikan kepada masyarakat sekitar saat kegiatan bersama Forkopimcam Kaliwungu.

Dan Polsek Kaliwungu mempersilakan bagi warga untuk datang ke kebun, guna menjaga kondisi kebun maupun pemikiran tentang penanaman tanaman tanaman produktif lainnya.

Sementara, Kapolres Semarang AKBP Ike Yulianto W, SH. SIK. MH., mengapresiasi yang telah dilakukan jajarannya. AKBP Ike mendukung penuh personel Polres Semarang yang mempunyai inovasi positif, ditambah hal tersebut berguna selain bagi instansi intern juga sangat berguna bagi masyarakat sekitar.

Ia berharap, apa uang yang dilakukan Kapolsek Kaliwungu berlaku bagi seluruh jajaran Polsek.
“Silahkan untuk berinovasi menjadi Polisi yang Terbaik. Baik bagi intern instansi Polri maupun bisa menjadi Terbaik bagi masyarakat sekitar. Sehingga meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian ditengah tengah masyarakat sekitar,” tutupnya.


Kategori :