5 Cara Menghadapi Penagih Utang Pinjol

Sabtu 28-09-2024,18:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Tips hadapi penagih utang pinjol. Pinjaman online memang jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun bisa juga menjadi masalah saat penggunaannya tidak bijak. Salah satunya galbay yang akan berisiko didatangi DC.

Jika tidak digunakan dengan bijaksana, utang tersebut bisa makin menumpuk dan sulit dilunasi. Ada beberapa konsekuensi yang harus dihadapi jika ini terjadi. Misalnya sanksi denda dan skor kredit memburuk. Serta ada aktivitas penagihan cicilan oleh debt collector. Karena itu, perlu pahami tips hadapi penagih utang pinjol. 

Tips hadapi penagih utang pinjol bisa dilakukan tanpa perlu panik atau kabur-kaburan. Dengan menerapkan strategi berikut ini, dipastikan sudah dijamin aman dari kejaran oleh pihak ke tiga atau debt collector pinjol. 

Nah, di bawah ini ada beberapa tips hadapi penagih utang pinjol yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar terhindar dari berbagai risiko dari tindakan yang tidak wajar. 

BACA JUGA:8 Tips Menghadapi Teror Penagih Utang Pinjaman Online Ilegal

Tips Hadapi Penagih Utang Pinjol 

1. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Tips hadapi penagih utang pinjol yaitu dengan menjelaskan secara baik alasan utang terlambat atau menunggak dibayar. Tambahkan juga kalian akan menghubungi pihak pemberi pinjaman mengenai utang tersebut.

Perlu diingat jangan menjanjikan apapun pada DC hanya untuk memperpanjang masa penangguhan pinjaman. Sebab dapat membuat proses penagihan menjadi makin rumit.

2. Tanyakan Identitas

Saat DC datang, tips hadapi penagih utang pinjol berikutnya yaitu sambut dengan sopan sambil menanyakan identitas mereka. Perlu diketahui soal identitas DC yaitu siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tangguh jawab.

3. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Perlu juga melihat adanya sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Ini berbentuk dokumen asli atau penyitaan barang. Jika DC tidak bisa menunjukkan sertifikat ini maka jangan ragu menolak aktivitas penyitaan.

BACA JUGA:Cara Mudah Lunasi Utang Pinjol Tanpa Bunga, Tak Perlu Takut Diteror Penagih Utang

4. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Kategori :