Rogoh Kocek Pribadi, Pj Wali Kota Salatiga Bayarkan BPJS Ketenagakerjaan Jukir

Selasa 24-09-2024,10:29 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Wawan Setiawan

SALATIGA.jateng.disway.id - Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani merogoh kocek pribadi membayarkan BPJS Ketenagakerjaan Juru Parkir (Jukir) dibawa pembinaan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga.


Hadiah tak terduga ini disampaikan Yasip Khasani saat memberikan pembinaan kepada ratusan Jukir Salatiga di Kantor Dishub Salatiga, Selasa 24 September 2024.

Turut hadir dalam pengarahan itu, Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran, Suharno Abidin, Kepala Dishub Salatiga Sri Satuti dan Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Darmin, S.H, M.H.

Dalam arahannya, Yasip Khasani menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan bagi Jukir sangatlah penting.
"Karena peran Jukir sangat membantu dan menjaga Salatiga. Karena perannya itu juga, saya akan meng-cover BPJS Ketenagakerjaan Jukir untuk dua bulan kedepan yakni Oktober - November 2024 ini," ungkap Yasip.

Langkah Yasip ini bentuk tanggungjawab dirinya sekaligus satu tanggung jawab Pemkot Salatiga melindungi seluruh pekerja yang menjaga Salatiga. Ia beranggapan, Jukir selama ono juga pekerja jasa yang menjaga Salatiga.

Selama ini, aku dia, Jukir Salatiga belum di lindungi BPJS Ketenagakerjaan. Dengan langka Pj Wali Kota Salatiga membayarkan dua bulan di depan, diharapkan bukan hanya pancingan tapi juga modal semangat Jukir melindungi dirinya dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dan kedepan, Yasip berjanji Pemkot Salatiga mengambil alihnya.

"Saya sudah menginstruksikan Kepada Dishub Salatiga agar Jukir di cover BPJS ketenagakerjaan. Namun memang secara bertahap. Saya ingin seluruh Jukir tercover BPJS Ketenagakerjaan," ungkap dia.

Seakan menekankan kembali bahwa 2 bulan tanggungan BPJS Ketenagakerjaan bagi Jukir bukanlah bagian dari ia mencari simpati.
"Saya tidak mencari dukungan, saya tidak mencalonkan Wali Kota. Namun yang saya lakukan ini bentuk kepedulian dan perhatian nurani saya pribadi," imbuhnya.

Dirinya akan akan segera merealisasikan dan menghitung ulang sehingga Pemkot Salatiga bisa menganggarkan agar BPJS Ketenagakerjaan bagi Jukir di cover Pemda. Langkah ini bagian dari targetkan Pemkot Salatiga agar tahun ini ditargetkan selalu pekerja langsung dengan Pemda dapat 100% tercover.

Sementara, Kepala Dishub Salatiga Sri Satuti sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas stimulan dua bulan BPJS Ketenagakerjaan bagi Jukir.

Ada pun, satu orang jukir dengan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp16. 800.
"Ini merupakan program awal. Dengan Pj Wali Kota Salatiga membantu 2 bulan pertama, sangat meringankan para Jukir. Kedepan kami tengah menggodok agar BPJS Ketenagakerjaan dicover Pemkot Salatiga," imbuhnya.

Ditengah pembinaan, Pj Wali Kota dan Ketua DPRD Salatiga menyerahkan rompi bagi Jukir.

Kategori :