Dukung Agustina-Iswar, Kader PKB Kota Semarang Dipecat

Senin 23-09-2024,15:52 WIB
Reporter : Umar Dani
Editor : Laela Nurchayati

Semarang, diswayjateng.id - Seorang kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ady Setiawan atau yang akrab disapa Mas Wawan, terancam mendapat sanksi tegas berupa pemecatan dari keanggotaannya karena mendukung pasangan Agustina Wilujeng-Iswar Aminuddin pada Pilwakot Semarang 2024.

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Muhammad Mahsun menegaskan bahwa PKB mendukung penuh pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi-Joko Santoso dalam pilwakot Semarang 2024.

"Jika ada kader yang tidak sejalan atau menentang kebijakan partai, status keanggotaannya akan dicabut KTA-nya (kartu tanda anggota)-nya," tegasnya saat memberi keterangan resmi kepada awak media, Senin 23 September 2024.

Mahsun melanjutkan, bahwa pemberhentian Mas Wawan dari PKB dilakukan tanpa pemanggilan karena secara terang-terangan Mas Wawan mendukung Agustina-Iswar. 

BACA JUGA:KPU Resmi Tetapkan Andika-Hendi dan Luthfi-Yasin sebagai Cagub-Cawagub Pilkada Jateng 2024

BACA JUGA:Nomor Urut Paslon Pilkada Batang Diundi, Fallas-Ridwan 01 dan Faiz-Suyono 02

"Tidak perlu pemanggilan, karena sudah terlihat jelas melanggar. Ini berlaku tidak hanya untuk Mas Wawan, tapi juga semua kader yang tidak menaati keputusan partai maka mendapatkan sanksi," katanya dengan tegas.

Menanggapi hal tersebut, Mas Wawan mengatakan bahwa sebagai seorang pemula yang sedang belajar politik, dirinya berharap diberi ruang edukasi dan juga berharap ada tabayun terkait langkah-langkah politiknya.

"Di dalam hati saya, PKB tetap menjadi pilihan. Artinya, PKB tetap ada di hati. Oleh karena itu harapan saya sih, saya diberi ruang edukasi dan ada tabayun sehingga saya tahu area mana yang saya langgar," ujarnya saat memberikan klarifikasi kepada awak media, Senin 23 September 2024

Wawan juga menjelaskan bahwa komunikasi terakhir dengan DPC PKB Kota Semarang adalah saat pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di KPU Kota Semarang.

Jauh sebelum tahapan pendaftaran paslon, kata Wawan, PKB Kota Semarang mengatakan menjamin mendapatkan posisi Wakil Wali Kota di Koalisi Semarang Maju.

BACA JUGA:1 Paslon Dapat 12 Pengawal Pribadi, Kapolres Salatiga:Saya Pilihkan yang Besar

"Setelah itu, saya tidak mendapat kabar lagi, baik itu berupa pemberitahuan ataupun pembinaan kebijakan apapun dari Ketua DPC PKB Kota Semarang," ungkapnya.

Mengenai keputusan mendukung penuh pasangan Agustina-Iswar yang usung PDI Perjuangan, Wawan mengatakan bahwa dirinya merasa minder karena para relawan terus mempertanyakan perihal rekomendasi dirinya maju di Pilwakot Semarang 2024.

"Sebagai bentuk tanggung jawab kepada relawan pendukung, saya mengadakan rapat pleno dan semua relawan sepakat mengusung ke pasangan Agustin-Iswar, " katanya menjelaskan.

Kategori :