1 Paslon Dapat 12 Pengawal Pribadi, Kapolres Salatiga:Saya Pilihkan yang Besar

1 Paslon Dapat 12 Pengawal Pribadi, Kapolres Salatiga:Saya Pilihkan yang Besar

MENJELASKAN : Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari saat menjelaskan tugas Walpri Paslon kepada awak media, usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon di Kantor KPU Salatiga, Minggu 22 September 2024. Foto : Nena Rna Basri--

SALATIGA, diswayjateng.id - Polres Salatiga menyiapkan 40 personil bertugas sebagai pengawal pribadi (Walpri) pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024. Masing-masing paslon mendapatkan 12 walpri.

Dimana, 12 Walpri tiap paslon ini seluruhnya bersumber dari anggota Polri berbagai unit kesatuan. Serta, disiapkan juga 4 cadangan Walpri untuk masing-masing paslon Pilkada Serentak 2024 di Kota Salatiga.

"Saya pilihkan (Walpri) yang besar-besar biar mantap menjaga Paslon," kata Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari kepada awak media, usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon di Kantor KPU Salatiga, Minggu 22 September 2024.

Selanjutnya, seluruh Walpri nantinya bertugas secara melekat sampai dengan penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga terpilih.

BACA JUGA:Nomor Urut Paslon Pilkada Batang Diundi, Fallas-Ridwan 01 dan Faiz-Suyono 02

BACA JUGA:Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Pekalongan Tetapkan Dua Paslon Walikota-Wakil Walikota

"Mulai hari ini, Walpri dari Polres Salatiga kita serahkan kepada ke-tiga Paslon. Apa gunanya Walpri ini, gunanya adalah agar paslon aman dalam berkegiatan selama Pilkada di Kota Salatiga," ungkap Kapolres.

Dan selama Paslon berkegiatan dimulainya penetapan oleh KPU Salatiga, Aryuni memastikan, para Walpri melekat.

"Kami harapkan dengan kami menyiapkan Walpri ini, kami siap menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi Paslon Pilkada Salatiga," tandasnya.

Kapolres memastikan, Walpri yang terpilih telah dilantik mentalnya, dilatih fisiknya serta kemampuan dalam pengawalan. Termasuk, kemampuan lainnya. Sehingga diharapkan semua Paslon dapat berkegiatan dengan aman dan nyaman.

BACA JUGA:Sah! KPU Tetapkan Dua Paslon Bupati-Wakil Bupati Batang di Pilkada 2024

Disinggung apakah Walpri ini termasuk menjaga keamanan di kediaman pribadi para Paslon Kapolres membantahnya. Ia menyebutkan, Walpri Polres Salatiga akan bertugas bertugas secara melekat pada saat kampanye atau berkegiatan.

Sedangkan untuk kediaman pribadi, Paslon, Polres Salatiga hanya akan melakukan patroli pengamanan secara berkala.

"Jika kegiatannya melekat 24 jam, Walpri akan melakukan pengamanan selama 24 jam. Namun untuk tidak di lingkungan pribadi atau kediaman cukup patroli saja sehingga tidak ada ke pengamanan khusus," imbuh Kapolres.

Sebelumnya, Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari ditengah Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon di Kantor KPU Salatiga menyerahkan secara langsung Walpri yang ditandai penandatanganan Berita Acara disaksikan para Tim pemenangan Paslon, Forkopimda se-Salatiga, Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu serta wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: