8 Cara Ampuh Menghadapi Teror Debt Collector Pinjol

Kamis 19-09-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

5. Verifikasi Identitas

Mintalah DC untuk menunjukkan identitasnya dan memberikan bukti bahwa dia benar-benar merupakan penagih utang resmi. Kalian memiliki hak untuk mengetahui identitas dan perusahaan yang diwakili. Ini penting untuk memastikan bahwa kalian berurusan dengan pihak yang sah.

6. Catat Semua Informasi

Jika mereka memberikan informasi terkait utang yang mereka klaim, catat semua detailnya. Termasuk nama penagih, nomor kontak, perusahaan yang diwakili, dan rincian utang. Informasi ini penting jika kalian perlu mengambil tindakan lebih lanjut.

BACA JUGA:Berikut 6 Cara Menghadapi Teror DC Pinjol lewat Pesan WA

7. Jaga Kerahasiaan Identitas

Hindari memberikan informasi pribadi seperti nomor KTP atau nomor rekening bank kepada penagih utang. Kalian hanya perlu memberikan informasi yang relevan mengenai jumlah utang dan jangka waktu pelunasan. Menjaga kerahasiaan identitas diri sangat penting untuk melindungi privasi kalian.

8. Laporkan ke OJK dan Satgas Waspada Investasi

Jika DC terus melakukan intimidasi, segera laporkan ke OJK atau Satgas Waspada Investasi. Pihak berwenang ini akan memberikan bantuan dan melakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku untuk melindungi kalian.

Itulah beberapa informasi seputar cara menghadapi teror DC pinjol yang dapat kalian lakukan untuk menghindari dari tindakan yang tidak wajar. Semoga bermanfaat. 

Kategori :