Rutan Salatiga Hadirkan Perpustakaan Keliling

Rabu 18-09-2024,12:15 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SALATIGA - Menggandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dinpersip) Kota Salatiga, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga hadirkan layanan perpustakaan keliling, Rabu 18 September 2024.

Layanan perpustakaan keliling ini disebutkan Kepala Rutan Salatiga Redy Agian sebagai salah satu gerbang literasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

"Layanan perpustakaan ini menjadi salah satu pembuka wawasan, informasi sekaligus jendela dunia bagi WBP untuk mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat," kata Kepala Rutan Salatiga Redy Agian.

BACA JUGA:Daop 4 Semarang Periksa Jalur KA di Kampung Bandarharjo

Layanan perpustakaan ini, diakui Redy, sekaligus salah satu target Rutan Salatiga mewujudkan zero buta huruf bagi WBP.

Dimana, perpustakaan keliling ini sangat memiliki peranan penting bagi terciptanya budaya membaca dan jembatan menuju meningkatkan pengetahuan bagi WBP.

Ia tidak menghendaki, meski pun sedang menjalani masa penahanan di Rutan Salatiga WBP hilang hak-hak untuk menambah ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:HUT PMI, Pengelola PLTU Batang Terima Penghargaan Kemanusiaan

"Hadirnya perpus keliling dan gerbang literas ini juga menjadi sumber referensi, dan penting bagi WBP untuk mendapatkan informasi dan tentunya ," lanjutnya.

Salah satu WBP Fillard, perkara narkotika, mengaku senang dan antusias dengan hadirnya perpustakaan keliling.

Ia beranggapan, hadirnya perpustakaan dan gerbang literasi ini menjadi salah satu kegiatan positif.
"Didalam Rutan sangat membantu kami dalam menambah wawasan dan informasi," ucapnya.

Perlu diketahui Rutan Salatiga terus memberikan pelayanan terbaik dan gratis bagi seluruh warga binaan tanpa kecuali termasuk memberikan pelatihan dan kegiatan yang positif bagi WBP.

Kategori :