Cegah Ledakkan Populasi, Dispangtan Salatiga Lakukan Sterilisasi Kucing Kampung Gratis

Rabu 18-09-2024,09:23 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

SALATIGA.jateng.disway.id - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Salatiga melakukan sterilisasi kucing gratis, Rabu 18 September 2024. Kegiatan yang dilakukan di  hari kedua World Rabies Day itu, bertujuan untuk mencegah ledakan populasi kucing kampung.

Itulah sebabnya, Dispangtan  hanya melayani kucing domestik atau lebih dikenal sebagai kucing kampung.  Kepala Dispangtan Salatiga, Henny Mulyani mengatakan kegiatan sterilisasi kucing kampung gratis ini sebagai upaya mencegah ledakkan populasi kucing di Kota Salatiga.

"Salatiga sendiri kategori populasi kucing dan anjingnya berjumlah sedang. Kegiatan sterilisasi ini juga bagian dari menekan populasi kucing atau anjing di masyarakat," kata Henny.

Terkait pendataan populasi kucing, papar Henny, Dispangtan melibatkan anggota PKK di lingkungan pemukiman. Namun sanpai saat ini pendataan yang dilakukan dinasnya belum selesai, dan  masih berlangsung.

BACA JUGA: Dokter Rutan Jemput Bola Periksa Kesehatan Napi Salatiga

BACA JUGA: Dispangtan Salatiga Hanya Terima 50 Dosis Vaksin Rabies dari Provinsi

Tahapan sterilisasi kucing kampung gratis

Koordinator Dokter Hewan/ Medik Veteriner Dispangtan Salatiga, drh. Nimas Ayu Kartikasari mengungkapkan tahapan-tahapan pelaksanaannya. Menurutnya, kucing yang telah didaftarkan harus tetap melalui screening terlebih dahulu.

"Hewan yang akan vaksin dan sterilisasi wajib melalui screening. Sampai saat ini, seluruh hewan yang akan disterilisasi memenuhi syarat," ungkapnya.

Sementara itu, ujar drh. Nimas, jika ada hewan yang tidak memenuhi syarat, diminta untuk menunda pemberian vaksin/sterilisasinya. Hewan-hewan itu selanjutnya akan digantikan oleh kucing atau anjing lainnya.

Demikian informasi tentang kegiatan sterilisasi kucing kampung gratis di Salatiga. semoga bermanfaat.

Kategori :