8 Cara Mengatasi Penipuan Online dengan Tepat

Senin 16-09-2024,17:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID – Pernahkah anda bingung bagaimana cara mengatasi penipuan online dengan tepat? Simak ulasannya dibawah ini.

Modus penipuan tentunya cukup banyak mulai dari penipuan berkedok investasi, jual beli online, hingga penipuan yang mengatasnamakan lembaga resmi. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi maka anda perlu mengetahui cara mengatasi penipuan online.

Cara mengatasi penipuan online ini tentunya cukup ampuh jika dilakukan dengan tepat dan benar, tak hanya itu saja mengetahui hal-hal dasar untuk menagani masalah ini juga sangat penting.

Berikut ini akan dibahas secara lengkap cara mengatasi penipuan online dengan tepat.

BACA JUGA:Kenali Berbagai Modus Penipuan Online, Jangan Sampai Terjebak!

Cara Mengatasi Penipuan Online :

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Cara mengatasi penipuan online pertama yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang. Panik hanya akan membuat Anda sulit berpikir jernih. Cobalah untuk mengingat semua detail terkait penipuan yang terjadi, seperti waktu kejadian, platform yang digunakan, dan informasi apa saja yang telah Anda berikan kepada pelaku.

2. Hentikan Semua Transaksi

Segera blokir semua kartu debit atau kredit yang terkait dengan transaksi yang mencurigakan. Hubungi bank Anda untuk melaporkan kejadian ini dan meminta bantuan untuk memblokir kartu Anda.

3. Kumpulkan Bukti

Cara mengatasi penipuan online selanjutnya yakni dengan mengumpulkan semua bukti yang terkait dengan penipuan, seperti:

Screenshot percakapan: Simpan semua percakapan dengan pelaku penipuan, baik melalui pesan singkat, email, atau media sosial.

Bukti transfer: Simpan bukti transfer dana yang telah Anda lakukan.

Iklan atau tautan: Simpan tautan atau iklan yang mengarah pada situs penipuan.

Kategori :